Breaking News:

Hari Raya Waisak, Tiga Napi Beragama Buddha di Lapas Dabo Lingga Dapat Remisi

Tiga napi beragama Buddha di Lapas Dabo Singkep Lingga mendapat remisi di Hari Raya Waisak, Rabu (26/5). Ketiganya tersandung kasus narkotika

Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Foto tiga napi Lapas Kelas III Dabo Singkep, Kabupaten Lingga mendapatkan remisi khusus hari raya Waisak, Rabu (26/5/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Tiga narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Dabo Singkep, Kabupaten Lingga dapat remisi di Hari Raya Waisak.

Diketahui, jumlah keseluruhan penghuni Lapas Dabo Singkep sebanyak 62 orang. Terdiri dari 11 tahanan dengan masa pidana kurang dari 6 bulan, 43 orang beragama Islam, 4 orang beragama Kristen dan 1 orang subsider.

Keseluruhan warga binaan permasyarakatan di Lapas Dabo Singkep berjenis kelamin laki-laki.

Adapun pengurangan masa pidana tersebut terkhusus kepada narapidana (napi) yang beragama Buddha sebagai perayaan Hari Raya Waisak, Rabu (26/5/2021).

“Ada 3 napi yang mendapatkan remisi khusus Waisak, ketiganya mendapatkan potongan masa hukuman 1 bulan.

Yang mendapat pengurangan pidana hingga bebas tidak ada,” kata Kepala Lapas Dabo, Dewanto.

Baca juga: Hari Raya Waisak di Tanjungpinang, Vihara Bahtra Sasana Terapkan Prokes Covid-19

Baca juga: Terjadi Pas Waisak, Ini Keunikan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Indonesia 26 Mei 2021

Ada pun penyerahan SK Remisi dilaksanakan di Aula Lapas Dabo Singkep, Kecamatan Singkep dan berlangsung khidmat dengan menerapkan mekanisme protokol kesehatan Covid-19.

Dewanto mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Waisak kepada tiga napi itu dan berpesan agar mereka bisa menjalani hukuman dengan sebaik-baiknya.

Pria yang dikenal ramah ini melanjutkan, remisi yang diberikan diharapkan dapat memotivasi napi untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari.

"Pemberian remisi juga merupakan wujud negara hadir untuk memberikan perhatian dan penghargaan bagi narapidana untuk selalu berintegritas, berkelakuan baik selama menjalani pidana,” kata Dewanto.

Dewanto menjelaskan, warga binaan beragama Buddha di Lapas Dabo Singkep hanya tiga orang tersebut.

“Yang beragama Buddha di Lapas Dabo Singkep hanya tiga orang itu dan ketiganya merupakan napi dengan kasus narkotika,” ungkapnya.

(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Lingga

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved