Breaking News:

PENANGANAN COVID

Pemkab Natuna Siapkan Tempat Pemakaman Jenazah Covid-19 di Ranai

Pemkab Natuna menyiapkan lahan seluas 2 hektare untuk tempat pemakaman jenazah pasien covid-19 yang meninggal dunia. Lokasi berada di Ranai

tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Pemkab Natuna Siapkan Tempat Pemakaman Jenazah Covid-19 di Ranai. Foto Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Natuna, Syawal Saleh di Kantor Bupati Natuna, Kamis (27/5/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Natuna menyiapkan lahan seluas 2 hektare untuk tempat pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Lokasi lahan pemakaman untuk pasien covid-19 ini berada di wilayah RT 01, RW 08 Puak, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Natuna, Syawal Saleh menjelaskan, lahan tersebut awalnya diperuntukkan sebagai Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ranai.

Namun lokasi yang berada di Jalan Datuk Kaya Wan Muhammad Benteng tersebut hingga saat ini belum dipergunakan sebagaimana peruntukannya.

"Tapi sekarang sudah disepakati, jenazah pasien corona akan dimakamkan di sana, biar tidak campur-campur di pemakaman umum," kata Syawal kepada awak media di Kantor Bupati Natuna, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Bupati Natuna Fokus Tangani Corona, Wan Siswandi Minta Transparansi Dana Covid-19

Baca juga: RSUD Natuna Kembali Tutup Sementara Sejumlah Layanan Kesehatan Gegara Covid-19

Ia mengaku keputusan untuk penggunaan lahan itu baru dikeluarkan minggu ini. Sementara kondisi lokasi juga masih berupa semak belukar dan perlu penanganan.

"Untuk penggunaannya belum, karena masih tengah land clearing. Dinas Perkim masih bekerja. InsyaAllah proses ini akan selesai. Kalau sudah rampung baru digunakan," ucap Syawal.

Syawal mengatakan, selain untuk pemakaman jenazah pasien corona, fungsi awal lahan itu sebagai TPU juga akan secara otomatis berfungsi apabila sudah selesai ditangani.

"Jadi nanti di kawasan itu akan ada beberapa partisi. Ada blog untuk pemakaman Muslim, Kristen, Buddha dan Konghucu. Tentu ada blog khusus untuk pemakaman Covid," jelasnya.

Ia melanjutkan, terkait teknis pemakaman jenazah pasien Covid-19 akan ditangani langsung oleh Gugus Tugas Covid-19. Petugas ini nanti terdiri dari gabungan instansi seperti Dinas Kesehatan, RSUD, Perkim, Satpol PP dan TNI Polri serta pihak-pihak terkait.

"Selama ini proses pemakaman masih ditangani oleh RSUD dan Kepolisian. Jadi nanti akan ada tim khusus yang menangani itu," tutupnya.

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved