Breaking News:

PENANGANAN COVID

Warga Tolak Lokasi Karantina Pasien Covid-19, Ini Respons Camat Bunguran Timur Natuna

Camat Bunguran Timur Natuna Hamid Hasnan menilai, lokasi ideal untuk karantina pasien covid-19 memang di Asrama Haji Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Warga Tolak Lokasi Karantina Pasien Covid-19, Ini Respons Camat Bunguran Timur Natuna. Foto Camat Bunguran Timur Natuna, Hamid Hasnan. Foto diambil beberapa waktu lalu di Asrama Haji Kabupaten Natuna. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Camat Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Hamid Hasnan memaklumi sikap masyarakat yang menolak lokasi karantina pasien Covid-19 di sejumlah lokasi yang tersebar di wilayah Bunguran Timur.

Diketahui pemerintah mengambil langkah menambah lokasi karantina terpadu agar pasien Covid-19 baru yang tidak tercover di lokasi karantina utama, Asrama Haji Natuna bisa ditampung.

Namun rencana ini langsung mendapat penolakan dari warga sekitar. Warga khawatir akan terjangkit virus corona.

"Kalau ada warga yang menolak rencana ini, saya memakluminya karena mereka khawatir dapat membahayakan mereka," kata Hamid, Jumat (28/5/2021).

Meski demikian, ia sebenarnya tidak setuju dengan pihak-pihak yang menolak. Menurutnya, langkah ini dipandang perlu untuk mengantisipasi dan menangani penyakit Covid-19 di Natuna.

"Cuma saya tidak setuju kalau ada yang nolak karena pasien itu sifatnya diisolasi dan tidak akan pernah berinteraksi dengan lingkungan sekitar," tegasnya.

Karena itu, Hamid mengusulkan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Natuna selaku perpanjangan tangan pemerintah agar dapat lebih mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat agar mereka dapat memahaminya.

"Hemat saya, mereka menolak karena belum diberikan pengertian. Sehingga mereka masih memberikan stigma negatif terhadap pasien Covid-19 ini dan sebagai momok yang sangat membahayakan.

Kalau mereka sudah mengerti InsyaAllah mereka bisa menerimanya," ungkap Hamid.

Menurutnya, lokasi ideal untuk karantina pasien Covid-19 memang di Asrama Haji Natuna yang berada di komplek Natuna Gerbang Utaraku (NGU). Lokasi ini dianggap ideal karena kawasan tersebut cukup refresentatif dari semua sisi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved