Breaking News:

Ingin Menikmati Akses Internet 5G Telkomsel? Ini Empat Smartphone yang Bisa Terkoneksi

Telkomsel mengatakan HP yang mendukung layanan 5G harus memiliki teknologi 5G NSA.

Dok PT Telkomsel
Telkomsel Resmi Luncurkan Jaringan 5G, Ini Syarat yang Harus Ditempuh Jika Menggunakan. Foto: Ilustrasi Jaringan 5G 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Ada banyak handphone (Hp) atau ponsel yang sudah dibekali teknologi untuk akses internet generasi kelima (5G). Namun, di Indonesia hanya ada ponsel tertentu yang bisa akses internet 5G Telkomsel.

Jaringan 5G secara resmi diluncurkan secara terbatas di Indonesia pada Kamis (27/5/2021). Operator pertama yang menyediakan layanan jaringan 5G di Indonesia adalah Telkomsel setelah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Saya bangga Telkomsel berhasil menjadi operator seluler pertama yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial di Indonesia. Kehadirannya akan menjadi game-changer terhadap transformasi digital di Tanah Air, termasuk dalam hal penguasaan teknologi di dalam negeri, serta menjadi kunci pengembangan daya saing usaha dan kemajuan bangsa,” ujar Menteri BUMN RI Erick Thohir seperti dalam rilis, Kamis (27/5/2021).

Untuk tahap pertama, sudah ada sejumlah lokasi yang bisa menikmati jaringan internet 5G Telkomsel, yakni:

* Telkomsel Smart Office (Jakarta)
* Di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera)
* GraPARI Bandara Soekarno Hatta
* GraPARI Pemuda Surabaya
* GraPARI Pettarani Makassar
* GraPARI Renon Bali
* GraPARI Batam Center
* GraPARI Telkom Group Medan
* GraPARI Solo Kantor Balai Kota Solo
* GraPARI Balikpapan Telkom
* University (Bandung) Institut Teknologi Bandung

Kendati demikian, saat ini tidak semua HP 5G di pasaran bisa menikmati jaringan 5G di Indonesia.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 28 Mei 2021, hal ini dikarenakan pita (band) yang dipakai masing-masing perangkat belum tentu kompatibel dengan pita yang dipakai operator seluler Indonesia untuk menggelar 5G.

Sementara ini, layanan 5G Telkomsel menggunakan band n40 di frekuensi 2,3 GHz. Oleh karena itu, kriteria yang harus dipenuhi sebuah perangkat agar bisa menggunakan jaringan 5G telkomsel adalah mendukung band n40.

Adapun dalam keterangan resminya, Telkomsel mengatakan HP yang mendukung layanan 5G harus memiliki teknologi 5G NSA.

“Perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz,” kata Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam keterangan resmi yang diterima (27/5/2021).

Halaman
123
Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved