Breaking News:

PENANGANAN COVID

Sudah Negatif, 275 Pasien Covid-19 di Asrama Haji Batam Dipulangkan Kamis 3 Juni 2021

275 pasien Covid-19 berstatus OTG di Asrama Haji Batam diperbolehkan pulang, Kamis (3/6/2021) sore. Mereka telah dinyatakan negatif covid-19

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id/HENING SEKAR UTAMI
Sudah Negatif, 275 Pasien Covid-19 di Asrama Haji Batam Dipulangkan Kamis 3 Juni 2021. Foto suasana senam pagi pasien Covid-19 di Asrama Haji Batam, Batam Center, Rabu (2/6/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 275 pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) di Asrama Haji Batam diperbolehkan pulang, Kamis (3/6/2021) sore. Mereka telah dinyatakan negatif Covid-19.

Koordinator Penanganan Pasien Asrama Haji, Yusfa Hendri mengatakan, kondisi pasien covid-19 OTG terus menunjukkan ke arah yang baik. Sebelumnya sebanyak 300 orang menjalani tes swab.

"Alhamdulillah banyak pasien sembuh dan dinyatakan negatif. Jumlahnya mencapai 200 pasien dari total pasien yang dites 300 orang," ujar Yusfa saat berada di Kantor Camat Lubuk Baja Batam.

Yusfa melanjutkan, saat ini tim medis masih bertugas melakukan tracing kontak erat pasien positif. Dengan banyaknya pasien sembuh, ruang perawatan di Asrama Haji kembali lowong. Hal ini akan mempermudah kerja petugas, jika menemukan pasien positif covid-19 OTG berikutnya.

"Kalau kita berharap jangan ada bertambah lagi, namun setidaknya kalau pun ada yang positif kita masih punya ruang perawatan. Jadi tidak kekurangan, meskipun masih ada Bapelkes sebagai lokasi isolasi mandiri sebagai antisipasi bila Asrama Haji penuh," bebernya.

Ia menambahkan penanganan pasien covid-19 OTG di Asrama Haji dilakukan sebaik mungkin. Pasien sehat namun positif Covid-19 ini bisa dipulangkan kalau hasil tes antigen sudah negatif.

Hal ini sesuai dengan edaran Wali Kota Batam terkait pengendalian Covid-19 di Batam.

"Walaupun sudah lewat 10 hari karantina sesuai Kemenkes, jika hasil masih positif, pasien belum boleh dipulangkan. Jadi penanganan lebih baik untuk hasil lebih baik juga," tuturnya.

Rawat Pasien sampai Hasil Negatif

Sebelumnya diberitakan, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 status Orang Tanpa Gejala (OTG) baru akan diperbolehkan pulang dari tempat isolasi di Asrama Haji ketika hasil swabnya dinyatakan negatif.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

"Kalau hasil masih positif belum boleh pulang dan harus melakukan tes kembali sampai negatif," ujar Amsakar Achmad saat berada di Lantai 5 Gedung Pemko Batam, Kamis (3/6/2021).

Ia tampak membantah kalau ada informasi dirawat 10 hari kemudian langsung dipulangkan.

Pasien OTG diperbolehkan pulang setelah dinyatakan negatif. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved