Breaking News:

BERITA TEKNOLOGI

Tak Perlu Ganti TV, Begini Cara Mengganti Siaran TV Analog Model Lama ke TV Digital

STB adalah alat bantu penerima siaran digital yang berfungsi mengkonversi dan mengkompresi sinyal digital sehingga dapat diterima pada analog

ist
Tak Perlu Ganti TV, Begini Cara Mengganti Siaran TV Analog Model Lama ke TV Digital. Foto: Hanya ilustrasi Televisi atau TV 

BERITA TEKNOLOGI

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan melakukan penghentian siaran televisi (tv) analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama pada 17 Agustus 2021 di 5 Provinsi.

Upaya ini merupakan langkah untuk mempercepat migrasi siaran tv analog ke digital yang lebih memiliki nilai tambah dan efisien.

Sebagai permulaan, bertepatan dengan momen HUT RI Ke-76 siaran analog akan dimatikan dan mulai dimigrasikan penuh ke siaran tv digital.

Lalu, bagaimana nasib masyarakat yang masih menggunakan televisi model lama alias belum digital untuk tetap bisa menyaksikan siaran tv?

Baca juga: Berita Teknologi: Mau Chat WhatsApp akan Otomatis Hilang Setelah 7 Hari? Ini Fitur Terbaru WA

Tenang, siaran digital tetap bisa ditangkap dengan tv model lama asal memiliki perangkat tambahan.

Namun satu tu hal yang penting untuk diketahui adalah jika Anda masih menggunakan tv model lama, maka Anda perlu memiliki alat tambahan bernama Set Top Box (STB).

Kominfo menjamin, masyarakat tetap bisa menyaksikan siaran tv seperti biasa asal sudah memiliki perangkat tambahan sebagai decoder untuk di tv model lama atau sudah memiliki tv digital.

"Sekalipun siarannya digital, televisi yang lama tetap bisa digunakan. Cukup tambahkan Set Top Box (STB). Harga STB terjangkau serta mudah merangkaikannya dengan televisi," kata Kominfo dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Berita Teknologi: Besok Selasa 24 Mei Vivo V21 5G Resmi Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya

Sementara bagi masyarakat yang sudah memiliki tv digital biasanya sudah mendukung sistem pemancar DVB-T/T2 (Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation) di dalamnya.

Halaman
123
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved