Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Warga Tanjungpinang Diminta Ikut Vaksin Covid-19, Walikota: Sertifikat Vaksin Banyak Manfaatnya

Walikota Tanjungpinang, Rahma mengajak masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi sebagaimana program nasional dalam penanggulangan pandemi covid-19.

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Tanjungpinang 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Walikota Tanjungpinang, Rahma mengajak masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi sebagaimana program nasional dalam penanggulangan pandemi covid-19, Minggu (6/6/2021).

Dalam Perpres nomor 14 tahun 2021 yang mengatur tentang pengadaan vaksin dan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, di dalamnya juga ada diatur sanksi bagi yang menolak. 

Kendati demikian untuk saat ini Pemerintah Kota Tanjungpinang lebih bersifat mengajak dan menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang sudah disediakan.

Rahma menjelaskan, bahwa vaksinasi merupakan program nasional dari pemerintah pusat yang harus dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

"Bagi masyarakat yang sudah divaksin akan memperoleh sertifikat vaksin, dan kartu ini akan dirasakan manfaatnya  suatu hari nanti oleh masyarakat," jelas Rahma.

Baca juga: PASIEN Baru Covid-19 di Kepri Tambah 273 Orang, Total Sudah 18.466 Kena Corona

Diketahui, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 tahun 2021 disebutkan pada pasal 13A dan 13B yang mengatur terkait sasaran penerima vaksin dan sanksi bagi yang tidak mengikuti vaksinasi.

Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin COVID-19 yang tidak mengikuti Vaksinasi COVID-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikenakan sanksi administratif, berupa: a. penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial; b. penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan; dan/atau c. denda, bunyi ketentuan Pasal 13A ayat (4) Perpres 14/2021.

Pengenaan sanksi administratif dimaksud dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah (pemda), atau badan sesuai dengan kewenangannya.

Sementara itu, Plt Kadinkes Nugraheni memaparkan, bahwa awal vaksinasi sudah dilaksanakan untuk pelayanan publik.

Namun, lanjutnya, mulai tanggal 3 Juni sudah masuk vaksinasi untuk masyarakat sesuai surat edaran Gubernur Kepri yang menargetkan pada akhir Juni 50 persen dari target sasaran Kota Tanjungpinang sebesar 144.000. 

"Sampai saat ini kami masih bersifat menghimbau masyarakat untuk datang ke Puskesmas, rumah sakit dan tempat-tempat yang sudah disediakan agar segera dilakukan vaksinasi guna mempercepat pemutusan mata rantai Covid-19, dan belum menerapkan sanksi, karena kesadaran masyarakat cukup tinggi," jelasnya.  (TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved