Breaking News:

BATAM TERKINI

Puskesmas di Batam Bisa Layani Test PCR Gratis Bagi Kontak Erat Pasien Covid-19, Ini Prosedurnya

Pemko Batam memastikan akan menanggung biaya test PCR bagi warga yang masuk kategori kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
TribunBatam.id/Roma Uly Sianturi
Wakil Walikota Batam atau Wawako Batam, Amsakar Achmad mengatakan, Pemko Batam memastikan akan menanggung biaya test PCR bagi warga yang masuk kategori kontak erat dengan pasien positif covid-19. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemko Batam memastikan akan menanggung biaya test PCR bagi warga yang masuk kategori kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad saat ditemui TRIBUNBATAM.id, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan saat ini yang sedang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 cukup melakukan isolasi mandiri.

Itu artinya, orang yang kontak erat dengan pasien positif covid-19 hanya disarankan untuk isolasi mandiri (isoman) dan tidak mendapatkan fasilitas penjemputan oleh Tim Gugus Covid-19 sebagaimana yang biasanya dilakukan pemerintah.

Aturan itu sudah dirasakan oleh seorang karyawan perusahaan swasta di Batam, Lidya saat dirinya terpapar Covid-19.

Lidya mengaku biaya test antigen dibebankan kepada para karyawan.

Baca juga: 750 Pegawai Pemko Batam dan Keluarganya Divaksin Covid-19

Dan saat dinyatakan positif Covid-19, untuk mendapat pemeriksaan swab test dengan cepat, harus membayar sendiri biaya pemeriksaannya.

“Dari awal antigen dan swab tanggung sendiri, tetapi makanan, minuman, obat, vitamin, buah-buahan dan lain-lain ditanggung pemerintah,” ujar Lydia yang kini telah sembuh dari Covid-19. 

Menjawab hal itu, Wakil Walikota Batam memastikan, bagi warga yang telah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 akan tetap ditracing.

Namun, warga tersebut tidak dijemput petugas tapi cukup mendatangi Puskesmas terdekat dan melaporkan baru kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved