Breaking News:

LINGGA TERKINI

Bupati Lingga Kunker ke BPPT, Brand Sagu Lingga Siap Tembus Pasar Nasional

Bupati Lingag bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lingga kunker ke BPPT di Jakarta, Kamis (10/6). Di antaranya bahas Sagu Lingga

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bupati Lingga Kunker ke BPPT, Brand Sagu Lingga Siap Tembus Pasar Nasional. Foto Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke BPPT, Jakarta, Kamis (10/6/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Lingga bersama tim dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan tersebut menindaklanjuti kunker Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel beserta Tim BPPT ke Kabupaten Lingga pada tanggal 2 Maret 2021 lalu.

Kunker ini dilaksanakan dalam rangka sinergitas Program Ketahanan Pangan Pengolahan Sagu antara Pemerintah Kabupaten Lingga dengan BPPT.

Sebagaimana diketahui, Lingga memiliki potensi hutan sagu yang cukup luas, dengan hasil produksi sagu kering dikirimkan ke berbagai wilayah untuk diolah menjadi berbagai produk makanan.

Maka perlu dilakukan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan BPPT agar produk sagu Lingga dapat lebih berkembang.

Baca juga: Bupati Lingga Rakor Bareng Dinas Pertanian, Muhammad Nizar Genjot Sektor Unggulan

Lingga sebagai daerah penghasil sagu dengan kualitas terbaik, memiliki potensi yang sangat besar dan telah memiliki Indikasi Geografis sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap otentikasi kualitas sagu yang dihasilkan oleh Lingga.

Sertifikat Indikasi Geografis (IG) yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Kepulauan Riau kepada Pemerintah Kabupaten Lingga pada april tahun 2019 lalu, diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi penjual sagu Lingga.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengatakan, adapun yang menjadi prioritas Pemkab Lingga saat ini untuk jangka panjang yakni pabrik pengolahan sagu.

Hal tersebut berupa bahan baku yang akan dikirim ke Bangka Belitung untuk diolah menjadi produk mie sagu.

Nizar menyebutkan, dengan brand 'Sagu Lingga' yang perkiraannya mampu menghasilkan sekitar 200 ton per bulan berupa sagu kering dan 400 ton per bulan sagu basah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved