Breaking News:

Cengkeh dan Pala Kepulauan Anambas Berpeluang Diekspor ke Luar Negeri

Tak hanya dari pariwisata, Kepulauan Anambas juga memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Di antaranya dari cengkeh dan pala

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Cengkeh dan Pala Kepulauan Anambas Berpeluang Diekspor ke Luar Negeri. Foto Tim Karantina Pertanian Tanjungpinang secara rutin mengidentifikasi potensi pertanian dalam rangka mendukung kegiatan Konstratani 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Tak hanya dari pariwisata, Kepulauan Anambas juga memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Di antara komoditas pertanian unggulannya yakni cengkeh dan pala.

Salah satu kebun milik petani di Anambas, Jonggar bahkan dijadikan tempat pembibitan dan penangkaran pala yang mendapatkan sertifikasi pohon induk terpilih sebagai penyedia bibit pala seluruh Indonesia dengan kualitas unggulan.

Kebun tersebut ditanami pala seluas 10 hektare, dan untuk tanaman cengkeh seluas 15 hektaer.

"Produksi pala bisa mencapai sekitar 6 ton per tahun, sedangkan cengkeh mencapai sekitar 8 ton per tahun untuk berat kering,” ujar Jonggar dalam rilis yang diterima Tribunbatam.id, Senin (14/6/2021).

Jonggar juga memproduksi berbagai jenis minyak atsiri seperti minyak pala, minyak cengkeh, dan minyak sereh wangi dengan kualitas yang cukup baik.

Baca juga: Inilah Sosok Direktur Wanita Pembeli Pulau Lantigiang, Anak Petani Cengkeh Sukses

Baca juga: Ampuh Obati Sakit Gigi hingga Kanker, Ini 7 Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui

Melihat produk pala dan cengkeh serta produk turunannya berupa minyak atsiri, potensi untuk mengekspor produk tersebut cukup terbuka.

"Namun terkendala kurangnya informasi ketersediaan pasar, sulitnya akses transportasi, serta jumlah produksi yang masih belum mencukupi," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kelembagaan dan Penyuluhan Dinas Perikanan, Pertanian, dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Marina Ginting berkomitmen untuk mendukung peningkatan produksi komoditas cengkeh dan pala.

Dalam hal ini dapat dilihat dari program pengadaan benih pala dan cengkeh kepada masyarakat.

"Kami tentu berkomitmen menyejahterakan petani dengan pengembangan tanaman cengkeh dan pala,” ujar Marina.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved