Breaking News:

Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya dan Cara Menghentikannya

Nafisah Hasanah, seorang dosen di Batam menjelaskan ciri-ciri cyberbullying, jenis dan cara menghentikan cyberbullying

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kenali Jenis Cyberbullying di Dunia Maya dan Cara Menghentikannya. Foto Nafisah Hasanah S.Kom., M.M, narasumber dalam kegiatan webinar Kominfo di Kepri membahas soal cyberbullying 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Di era serba digital seperti saat ini, komunikasi serta bersosialisasi tak hanya dapat diselenggarakan melalui luring (langsung) melainkan juga daring.

Di antara dampak positif kemajuan teknologi ialah dapat memudahkan manusia untuk berinteraksi dengan siapapun dan dimanapun.

Namun dibalik itu semua, di era serba dalam genggaman tangan seperti dewasa ini, juga memunculkan banyaknya kasus cyberbullying.

Dalam webinar Kominfo di Kepulauan Riau (Kepri), Nafisah Hasanah S.Kom., M.M, seorang dosen di sebuah universitas swasta di Batam menyebutkan, terdapat empat ciri-ciri tindakan cyberbullying.

Yakni, tindakan cyberbullying tidak atau minim mengandung kekerasan fisik. Cyberbullying justru biasanya memanfaatkan teknologi dan peralatan tertentu, memanfaatkan jaringan telekomunikasi, media dan informatika.

Baca juga: Viral di Medsos, Remaja Berjilbab Jadi Korban Bully, Kepalanya Dipukul dan Ditendang

Artinya, cyberbullying terjadi di dunia maya melalui berbagai platform maupun aplikasi seperti media sosial.

Kendati demikian, tak jarang, para pengguna sosial media kerap mendapatkan bullying dari berbagai aplikasi yang ia gunakan dalam gawainya seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan Tik Tok.

"Tak hanya itu, cyberbullying juga bisa terjadi melalui pesan singkat pribadi, grup, DM, Email, maupun game online," paparnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan ada beberapa jenis cyberbullying yang kerap terjadi di Indonesia antara lain :

1. Flaming
Mengirim pesan atau teks dengan kata-kata frontal, amarah, provokasi, penghinaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved