Breaking News:

ASET KRIPTO

Mata Uang Kripto Kian Moncer, Berikut Rincian Harga Bitcoin dkk

Harga bitcoin hari ini diperdagangkan di kisaran 40.465 dollar AS per keping atau sekitar Rp 574,6 juta (kurs Rp 14.200).

Editor: Rimna Sari Bangun
TRIBUNBATAM.id/IST
Ilustrasi mata uang kripto 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Efek dari kicauan Elon Musk masih berimbas pada penguatan harga mata uang kripto hari ini. 

Harga bitcoin misalnya, sebagai mata uang kripto dengan kapitalitasi pasar tertinggi, telah kembali ke kisaran 40.000 dollar AS per keping pada perdagangan hari ini, Selasa (15/6/2021).

Mengutip Coinmarketcap.com, harga bitcoin hari ini diperdagangkan di kisaran 40.465 dollar AS per keping atau sekitar Rp 574,6 juta (kurs Rp 14.200),

atau menguat 3,41 persen bila dibandingkan dengan perdagangan di waktu yang sama hari sebelumnya.

Sementara bila dibandingkan dengan periode yang sama sepekan yang lalu, harga bitcoin melesat 23,09 persen.

Menguatnya harga bitcoin tak terlepas dari pengaruh tweet Elon Musk pada Senin (14/6/2021) yang menyatakan Tesla bakal kembali menerima transaksi dengan menggunakan aset kripto tersebut.

Namun dengan syarat, proses penambangan bitcoin dikonfirmasi menggunakan tingkat energi bersih yang wajar, yakni sebesar 50 persen.

"Bila ada konfirmasi mengenai penggunaan energi bersih yang wajar (sekitar 50 persen) dari para penambang (bitcoin) dengan tren yang positif, Tesla akan kembali mengizinkan bitcoin untuk transaksi," ujar Musk seperti dikutip dari akun twitternya, @elonmusk.

Meski menguat, harga bitcoin masih lebih rendah 37,7 persen dibanding rekor harga tertingginya yang dicapai dua bulan lalu di kisaran 64.804 dollar AS.

Penguatan harga bitcoin diikuti oleh mata uang kripto lain. Harga ethereum misalnya, diperdagangkan di kisaran 2.617 dollar AS per keping atau sekitar Rp 37,16 juta.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved