Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Warga Bayar Air Lebih Murah, Bupati Karimun Resmikan Pemakaian Air Bersih di Teluk Uma

Sejumlah warga di Teluk Uma Karimun tak perlu lagi bayar mahal beli air.Bupati Karimun telah meresmikan pemakaian air bersih bagi 200 sambungan rumah

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Warga Bayar Air Lebih Murah, Bupati Karimun Resmikan Pemakaian Air Bersih di Teluk Uma. Foto Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan pemakaian air bersih di Teluk Uma, ditandai dengan pembukaan kran air secara perdana, Rabu (16/6/2021) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan pemakaian air bersih bagi 200 sambungan rumah di RW 001 dan RW 002 Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Rabu (16/6/2021).

Peresmian pemakaian air bersih ini ditandai dengan pembukaan kran air secara perdana oleh Bupati Karimun. Dengan begitu, masyarakat tak lagi harus merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi keluarganya.

“Alhamdulillah, dengan telah diresmikannya pemakaian air bersih ini masyarakat sudah bisa membeli air bersih dengan harga yang jauh lebih murah karena sudah disubsidi oleh pemerintah,” kata Rafiq.

Ia menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya dalam hal penyediaan air bersih bagi masyarakat. Bahkan, saat ini pihaknya juga sedang dalam proses untuk menyelesaikan penyediaan air bersih bagi 2 ribu sambungan rumah baru.

Penyelesaian tersebut bergantung pada penambahan daya mesin di Waduk Sentani Poros yang masih dalam proses pelelangan.

Baca juga: JADWAL Kapal Ferry di Pelabuhan Domestik Karimun, Rabu 16 Juni 2021

Baca juga: Pasokan Air Bersih di Sagulung Terganggu, SPAM Batam Pastikan Semua Segera Normal

“Apabila penambahan daya mesin di Waduk Sentani dapat terselesaikan, maka apa yang menjadi kendala dapat teruraikan secara perlahan,” jelasnya.

Rafiq berharap dukungan masyarakat terkait penyediaan pasokan air bersih tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang senantiasa menunggu terkait penyediaan air bersih ini. Kita mohon dukungannya agar persoalan ini dapat kita tuntaskan," ujarnya.

Sekadar informasi, sumber air bersih bagi 200 sambungan rumah di RW 001 dan RW 002 Teluk Uma, Kecamatan Tebing berasal dari Danau Pongkar yang dibangun pemerintah dari DAK (Dana Alokasi Khusus) yang diusulkan dari tahun 2019 lalu.

Kemudian tahun 2021 ini dimulai pemakaiannya dengan anggaran Rp 700 juta untuk 200 SR atau sambungan rumah.

Penyediaan air bersih ini termasuk janji politik Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Selain air bersih, warga juga mendapat bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (SPS) sebanyak 36 rumah.

"Kemudian kedepannya akan dibangun sanitasi total untuk pencegahan pencemaran lingkungan dengan jumlah sebanyak 15 rumah," tambahnya.

(Tribunbatam.id/Yenihartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved