Breaking News:

Bakamla RI Terima 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat di Atas KN Tanjung Datu-301

Laksma Bakamla Hadi Pranoto bilang, kedatangan 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat di wilayah kerja Kantor Kamla Zona Maritim Barat suatu kebanggaan

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bakamla RI Terima 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat di Atas KN Tanjung Datu-301. Foto personel Bakamla RI berfoto bersama dengan 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat, Kamis (24/6/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto menyambut 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat dalam acara Defence Attaches Tour (DAT) diatas KN Tanjung Datu-301 di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Kamis (24/6/21).

Penyambutan 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat dilakukan dengan rangkaian ritual adat tari makan sirih khas daerah Provinsi Kepulauan Riau.

Kunjungan para Atase Pertahanan Negara Sahabat diatas KN Tanjung Datu-301 diisi dengan berbagai kegiatan.

Pertama KN Tanjung Datu-301 bertolak dari Pelabuhan Batu Ampar menuju Selat Riau kemudian Pulau Nipa dan kembali Pelabuhan Batu Ampar.

Sambil berlayar, di atas helideck para tamu dipertontonkan video safety briefing KN Tanjung Datu-301, profil Bakamla RI, dan profil kegiatan KN Tanjung Datu-301.

Baca juga: 23 Atase Pertahanan Negara Sahabat Berkunjung ke Museum Batam Raja Ali Haji

Tak hanya itu, para tamu dibagi dua kelompok untuk melaksanakan tur kapal dengan rute ruang kesehatan, long room, ruang amunisi, anjungan, geladak senjata, geladak isyarat, ruang gym, ruang dapur, ruang makan bintara, ruang makan perwira, ruang kelas dan perpustakaan.

Dalam sambutannya, Laksma Bakamla Hadi Pranoto mengatakan, kedatangan 17 Atase Pertahanan Negara Sahabat di wilayah kerja Kantor Kamla Zona Maritim Barat merupakan suatu kebanggaan.

"Saat ini, kita berada di atas KN Tanjung Datu-301, kapal terbesar karya anak bangsa yang dimiliki Bakamla RI. KN Tanjung Datu-301 mulai diproduksi tahun 2015 oleh salah satu galangan di Batam dan mulai bergabung dengan jajaran kapal patroli diwilayah zona Maritim Barat pada tahun 2018.

Kapal dengan dimensi panjang 110 meter, lebar 15.5 meter memiliki kecepatan maksimal 18 knot dengan kemampuan jelajah 2500 NM," ujar Laksma Bakamla Hadi Pranoto.

Ketua Perkumpulan Atase Pertahanan Negara Sahabat COL Sven Meic dari France mewakili seluruh tamu undangan mengucapkan terima kasih sudah dapat bergabung dalam kegiatan Joy Sailing yang diselenggarakan Bakamla RI dan Kemhan.

"Kegiatan hari ini merupakan kegiatan terakhir DAT, dimana pada hari sebelumnya kami boleh diperkenalkan industri Pertahanan Indonesia yang ada di Kota Batam," kata COL Sven Meic.

"Kami sangat berkesan dalam kegiatan ini, kapal sangat besar, kapal terlihat bersih, rapi, nyaman dan bagus," ungkap COL Sven Meic.

Kegiatan diakhiri dengan pertukaran cinderamata sebagai ucapan terima kasih dan kenang-kenangan dari Ketua Perkumpulan Atase Pertahanan Negara Sahabat COL Sven Meic kepada Bakamla RI yang diwakili oleh Kolonel Bakamla Djoko Wahyu Utomo, begitupun sebaliknya.

Adapun Atase Pertahanan Negara Sahabat yang hadir adalah COL Marcello Fernandez Dos Santos dari Brazil, LTC Pengiran Aeddie bin Pengiran Haji Md. Jaafar dari Brunei Darussalam, Col. Vicheth Choeun dari Cambodia, COL Andrew Cleveland dari Canada, COL Sven Meic dari France, CPT Amitabh Saxena dari India, CPT Otello Orsini dari Italy, LTC Juan Gustavo Rangel Granados dari Mexico, CPT Cor Kuiper dari Netherlands, GpCapt Peter Griffin dari New Zealand, COL Dominic Bulungol dari Papua New Guinea, CPT Zosimo M Bolanos Jr dari Philippines, Comm. Nalindra Jayasinghe dari Sri Lanka, LTC Joao Silva Pereira dan CPT Jose Pinto dari Timor Leste, COL Paul Reynolds dari United Kingdom, LTC Cedric N. Lee dari USA dan Do Xuan Quy dari Vietnam.

(Tribunbatam.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita lainnya tentang BATAM

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved