Breaking News:

PENANGANAN COVID

Lokasi Isolasi Pasien Covid-19 di Lingga, Ketersediaan Bed di RSUD Masih Aman

Ketersediaan bed untuk pasien covid-19 di dua RSUD di Lingga masih aman. Kebanyakan pasien covid-19 di Lingga menjalani isolasi mandiri di rumah

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
FREEPIK.COM
Lokasi Isolasi Pasien Covid-19 di Lingga, Ketersediaan Bed di RSUD Masih Aman. Foto Ilustrasi covid-19. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Tempat karantina terpusat di Dabo Singkep dan di Daik, Kabupaten Lingga masih belum diisi oleh pasien aktif Covid-19.

Pasalnya, banyak pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, dengan pemantauan petugas kesehatan setempat.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Mulkan Azima. Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada yang memenuhi persyaratan untuk dikarantina di ruang terpusat.

"Persyaratannya umur 45 kebawah, kemudian dia gejala ringan dan tanpa gejala. Kemudian dia punya rumah yang tidak layak.

Nah itulah yang menjadi persyaratan," kata Mulkan Azima kepada TribunBatam.id, Kamis (26/4/2021) sore.

Baca juga: Daftar Lokasi Isolasi Pasien Covid-19 di Karimun, Kadinkes: BOR Masih Memadai

Foto Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Forkopimda dan Tim Satgas Penanganan Covid-19 saat berada di lokasi karantina terpusat Covid-19 di Implasemen Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (14/6/2021)
Foto Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Forkopimda dan Tim Satgas Penanganan Covid-19 saat berada di lokasi karantina terpusat Covid-19 di Implasemen Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (14/6/2021) (tribunbatam.id/Febriyuanda)

Azima mengungkapkan, sebelumnya sempat ada dua pasien yang mengisi dalam waktu yang tidak lama.

"Hanya dua hari aja, dia sudah memasuki masa habis karantina. Dia masuk, dan hari keduanya dia sudah dibolehkan pulang," ucapnya.

Mulkan Azima mengungkapkan, bahwa muatan atau ruang tampung untuk pasien di Gedung Implasemen Dabo Singkep bisa menampung 100 pasien. Namun, ia melanjutkan hanya 35 fasilitas yang telah mereka persiapkan.

"Untuk di karantina terpusat Daik Lingga sekitar 30 pasien yang bisa ditampung," sebutnya.

"Jadi rata-rata pasien yang kena (positif) rumahnya layak, tidak perlu ditampung di tempat karantina terpusat. Namun, jika mereka mau akan siap kami layani, misalnya dia tidak mau terjangkit dengan keluarganya," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved