Breaking News:

Ayo Daftar Antrean Fasilitas Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN

Sebagai salah satu bentuk inovasi pelayanan di fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan menyediakan fitur pendaftaran pelayanan di aplikasi Mobile JKN

Ist
Aplikasi Mobile JKN 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sebagai salah satu bentuk inovasi dalam pelayanan di fasilitas kesehatan, BPJS Kesehatan menyediakan fitur pendaftaran pelayanan di aplikasi Mobile JKN.

Pendaftaran online ini dapat dilakukan untuk pelayanan fasilitas kesehatan tingkat lanjut maupun tingkat pertama.

Yusrianto selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa fitur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan peserta dalam melakukan pendaftaran tanpa harus datang terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan.

“Dulu peserta melakukan pendaftaran di faskes, sekarang peserta cukup melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN dan datang saat tiba giliran peserta memperoleh layanan,” kata Yusrianto.

Per Juni, jumlah FKTP yang menjalankan antrean online melalui aplikasi Mobile JKN berjumlah 70 FKTP dari total 124 FKTP di Batam dan Karimun.

Baca juga: Sakit Pasca Vaksin Covid-19 Ditanggung Program JKN-KIS

Menurutnya, BPJS Kesehatan akan terus melakukan pemantauan terhadap FKTP yang belum melakukan implementasi antrean online ini.

Ia mengatakan secara ideal, implementasi sistem antrean online di FKTP membutuhkan perangkat pendukung seperti tablet android, auto cutter thermal printer, smart TV LED atau TV LCD, speaker aktif, dan scanner barcode.

Namun, dalam hal masih terkendala sarana dan prasarana faskes dapat menjalankan dengan memanfaatkan peralatan yang ada.

“Kami akan terus mendorong implementasi antrean online ini di seluruh FKTP. Untuk tahap awal yang penting implementasikan dulu saja, tidak perlu ideal banget. Kami juga akan melakukan supervisi untuk mendukung faskes yang belum menjalankan,” kata Yusrianto.

Sampai dengan Mei 2021, bahkan terdapat faskes yang berhasil mencapai presentase antrean online sebanyak 96.95% dari total antrean pendaftaran.

Hal ini tentu memberikan kemudahan, efisiensi, dan sekaligus mengurangi penumpukan peserta JKN-KIS di faskes tersebut.

Klinik Casa Medical Utama adalah salah satu faskes yang menjalankan antrean online dengan fasilitas pendukung seperti monitor dan speaker.

“Fasilitas pendukung yang kami sediakan untuk implementasi antrean online ini seperti monitor untuk menampilkan nomor antrean yang terhubung di ruang tunggu serta speaker untuk pengeras suara. Sistem kami juga sudah bridging dengan PCare,” kata Howerd Prayogo selaku pimpinan klinik Casa Medical Utama.(*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved