Breaking News:

Waspadalah, 7 Penyakit Ini Dapat Disebabkan oleh Obesitas, Salah Satunya Asam Urat

Tidak semua orang yang berat badannya berlebih mengidap masalah kesehatan ini. Namun, risiko akan meningkat jika ada keluarga yang memiliki ...

THINKSTOCKPHOTOS
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id -  Obesitas atau kelebihan berat badan kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis, seperti penyakit-jantung' title=' penyakit jantung'> penyakit jantung hingga stroke. 

Tidak semua orang yang berat badannya berlebih mengidap masalah kesehatan ini. Namun, risiko akan meningkat jika ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut. 

Agar tetap waspada dan lebih mengontrol berat badan, berikut adalah 7 penyakit yang disebabkan oleh obesitas, dilansir WebMD, 15 September 2020. 

1. Penyakit jantung dan stroke

Obesitas cenderung membuat seseorang memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Keduanya merupakan faktor yang meningkatkan risiko penyakit-jantung' title=' penyakit jantung'> penyakit jantung dan stroke. 

Untuk mengurangi kemungkinan terserang penyakit-jantung' title=' penyakit jantung'> penyakit jantung dan stroke, menurunkan berat badan dapat menjadi salah satu solusinya. 

2. Diabetes tipe 2

Banyak orang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 memiliki berat badan yang berlebih. 

Untuk mengurangi risikonya, upayakan untuk menurunkan berat badan, makan makanan yang sehat dan seimbang, istirahat yang cukup, dan rutin olahraga. 

Bagi penderita diabetes tipe 2, menurunkan berat badan juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. 

3. Kanker

Kanker usus besar, kanker payudara (setelah menopause), kanker endometrium, kanker ginjal, dan kanker kerongkongan terkait dengan obesitas

Beberapa penelitian juga melaporkan hubungan antara obesitas dan kanker kandung empedu, ovarium, dan pankreas. 

4. Penyakit kantung empedu

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved