Breaking News:

Obat dan Vitamin untuk Covid-19 Tanpa Gejala dan Gejala Ringan Menurut Dokter

Pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan diwajibkan untuk menjalankan isolasi mandiri guna memutus mata rantai penularan virus Corona. 

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Kompas.com
Ilustrasi isolasi mandiri 

TRIBUNBATAM.id - Pasien Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan diwajibkan untuk menjalankan isolasi mandiri guna memutus mata rantai penularan virus Corona

Selama melaksanakan masa isolasi mandiri di rumah, pasien Covid-19 harus mendapatkan asupan makanan yang sehat dan seimbang untuk memulihkan kondisinya dan meningkatkan daya tahan tubuh

Di sisi lain, ada obat dan vitamin yang disarankan oleh ahli medis untuk pasien Covid-19, terutama untuk pasien tanpa gejala dan bergejala ringan. 

Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc SpP(K), dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dari Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa pasien Covid-19 tidak boleh mengonsumsi obat yang tidak disarankan oleh dokter. 

Dalam webinar bertajuk "Isolasi Mandiri Pasien Covid", Jumat, 2 Juli 2021, dr. Erlina pun menyarankan obat atau suplemen yang perlu diminum pasien Covid-19.

"Jika tidak ada gejala, cukup vitamin C, vitamin D, dan obat penyakit penyerta, jika memilikinya," ujar dr. Erlina. 

Menyimpan obat-obatan untuk gejala ringan Covid-19, seperti paracetamol untuk demam, juga dianjurkan oleh dr. Erlina. 

Setiap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 diharapkan untuk tetap tenang dan memikirkan secara jernih mengenai langkah-langkah penanganan yang harus dilakukan.

Selalu ikuti saran dari ahli medis atau dokter untuk obat atau suplemen yang perlu dikonsumsi pasien Covid-19. 

Segera melakukan isolasi mandiri adalah langkah awal yang tepat untuk dilakukan oleh pasien Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved