Breaking News:

Ini 4 Tanda Kita Harus Berjalan Kaki Lebih Banyak

Kita mungkin tahu bahwa berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan yang lebih baik. Tetapi, apakah kita sudah cukup melakukannya untuk ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Kompas.com
Ilustrasi jalan kaki 

TRIBUNBATAM.id - Kita mungkin tahu bahwa berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan yang lebih baik. 

Tetapi, apakah kita sudah cukup melakukannya untuk benar-benar menikmati manfaat tersebut? 

Mengingat, sebagian besar orang masih menerapkan gaya hidup kurang bergerak (sedentary life), khususnya di masa pandemi ini yang sebagian besar aktivitas dilakukan dari rumah. 

"Ketika orang menjadi lebih banyak duduk, kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan dapat menurun," kata pelatih pribadi bersertifikat dan instruktur Pilates, Erica Ziel. 

"Gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, depresi dan kecemasan, serta kondisi kesehatan kronis lainnya," sambung dia. 

Itulah mengapa sangat penting untuk memasukkan sebanyak mungkin aktivitas fisik ke dalam rutinitas sehari-hari yang mampu dilakukan oleh tubuh kita. 

Ziel juga mengungkapkan bahwa ada salah satu tanda paling umum yang menunjukkan orang tidak banyak bergerak dan perlu berjalan lebih banyak yakni saat mengalami nyeri ringan atau ketidaknyamanan pada persendian. 

Tapi, rasa nyeri itu bukan satu-satunya tanda kita harus memulainya karena terdapat beberapa petunjuk lainnya yang membuat kita harus berjalan lebih banyak, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini. 

1. Belum mencapai 8.000 langkah per hari

Meski 10.000 langkah sehari telah terbukti sebagai mitos yang bermaksud baik, tetapi penelitian terbaru menyebut, orang yang berjalan 7.500-8.000 langkah per hari cenderung hidup lebih lama dan memiliki risiko masalah kesehatan jantung yang lebih kecil. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved