Breaking News:

Momen Idul Adha 1442 H di Batam, Berikut Imbauan Pemerintah Terkait Pelaksanaan Salat dan Kurban

Momen Idul Adha saat ini beda dengan momen Idul Fitri di mana Batam masih berstatus new normal dan salat boleh dilakukan untuk wilayah yang zona hijau

Editor: Irfan Azmi Silalahi
TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO DA NUGROHO
Umat muslim melaksanakan salat Idul Adha 1441 H di Dataran Engku Putri, Batam, Jumat (31/7/2020). Saat melaksanakan salat Idul Adha 1441 H jemaah wajib mengikuti protokol kesehatan di antaranya pemberian jarak antarjemaah serta penggunaan masker. 

TRIBUNBATAM.id - Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar, Allaahu akbar walillaahil hamd.

Hari ini umat Muslim, tak terkecuali di Batam, Kepri menyamut datangnya Hari Raya Idul Adha 1442 H atau juga disebut Lebaran Haji.

Sama dengan momen Lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu, salah satu hari besar Umat Islam ini berlangsung di masa pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Bedanya, saat Idul Fitri, Batam masih berstatus new normal dan pelaksanaan Salat Idul Fitri boleh dilakukan untuk wilayah yang berzona hijau.

Beda halnya dengan Idul Adha, di mana Batam saat ini menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19.

Warga pun diminta tetap taat protokol kesehatan (prokes) dan mematuhi Surat Edaran (SE) Wali Kota Batam Nomor 32 Tahun 2021, tentang PPKM Darurat Covid-19 di Kota Batam.

Ilustrasi - Pemkab Lingga saat menggelar salat Idul Fitri 1442 H pada 13 Mei 2021 di Halaman Kantor Bupati Lingga. Salat Idul Adha besok, Selasa (20/7/2021) juga digelar di lokasi yang sama
Ilustrasi - Pemkab Lingga saat menggelar salat Idul Fitri 1442 H pada 13 Mei 2021 di Halaman Kantor Bupati Lingga. Salat Idul Adha besok, Selasa (20/7/2021) juga digelar di lokasi yang sama (tribunbatam.id/istimewa)

Mengacu pada SE tersebut yang selarang dengan SE Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021, disebutkan, bahwa kegiatan Salat Idul Adha di tempat ibadah, serta malam takbiran tahun ini ditiadakan.

Termasuk juga saat pelaksanaan kurban wajib menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Bacaan Niat Mandi Wajib Sebelum Sholat Idul Adha Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

"Kami mengimbau kepada masyarakat, untuk sama-sama mematuhi peraturan yang sebelumnya sudah dikeluarkan dalam pencegahan Covid-19.

Sehingga pelaksanaan Hari Raya Idul Adha bisa berjalan dengan baik," ujar Sekda Kota Batam, Jefridin, ketika diwawancarai di Kantor DPRD Kota Batam, Senin (19/7/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved