Breaking News:

BERITA TEKNOLOGI

Waspadai Aplikasi Buatan Israel Ini, Data Ponsel atau Laptop Bisa Raib Seketika

Spyware sering terlihat mengeksploitasi kerentanan perangkat lunak atau browser web, tapi tidak menyebar seperti virus atau worm.

Editor:
ist
Waspadai Aplikasi Buatan Israel Ini, Data Ponsel atau Laptop Bisa Raib Seketika. Foto ilustrasi hacker 

TRIBUNBATAM.id - Belum lama ini, dunia maya dihebohkan dengan kemunculan kembali malware mata-mata Pegasus yang merupakan spyware berbahaya.

Menurut data yang dihimpun dari grdi.id, , spyware berbahaya ini dikembangkan oleh perusahaan Israel, NSO Group.

Pegasus merupakan spyware yang didesain untuk memantau semua kegiatan pengguna ponsel.

Seperti SMS, e­-mail, data lokasi, riwayat browsing, panggilan telepon, dan lainnya.

Dan dalam perkembangannya, WhatsApp yang merupakan aplikasi berkirim pesan paling populer berhasil disusupi oleh spyware ini.

Seperti kebanyakan malware, spyware menemukan jalannya masuk ke dalam perangkat tanpa sepengetahuan atau izin si pemilik perangkat. 

Spyware sering terlihat mengeksploitasi kerentanan perangkat lunak atau browser web, tapi tidak menyebar seperti virus atau worm.

Sebagai gantinya “dropper” digunakan untuk meyakinkan pengguna untuk mengunduh versi yang sebenarnya palsu, beberapa perangkat lunak yang sah atau “menarik”, atau untuk mengklik tautan.

Baca juga: Begini Cara Download Video Reels Tanpa Aplikasi di HP Android & iPhone

Jika pengguna berhasil ditipu, dropper kemudian mengunduh dan menginstal spyware dan dengan demikian mengubah pengguna menjadi korban.

Spyware juga dapat menyerang mesin pada perangkat korban, termasuk melalui drive-by-download (di mana spyware dimuat saat mengunjungi halaman, tautan phishing, dan bahkan alat ‘anti-spyware’) juga dapat diunduh melalui perangkat fisik, seperti USB.

Halaman
123
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved