Breaking News:

Tips dan Cara Mengobati Sariawan pada Anak

Sariawan merupakan bentuk luka terbuka dalam jaringan lunak di rongga mulut. Kondisi ini sebenarnya merupakan hal yang sering terjadi dan dapat ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
KOMPAS.com
Ilustrasi sariawan 

TRIBUNBATAM.id - Sariawan merupakan bentuk luka terbuka dalam jaringan lunak di rongga mulut. 

Kondisi ini sebenarnya merupakan hal yang sering terjadi dan dapat berulang, terutama pada anak di atas usia 5 tahun. 

Adanya sariawan umumnya menyebabkan gangguan pada kegiatan makan dan istirahat seorang anak, karena menyebabkan rasa nyeri terutama pada awal-awal timbulnya kondisi ini. 

Namun kabar baiknya, menurut Dokter Spesialis Anak dr Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dalam 7-14 hari. 

"Untuk mencegah sariawan tidak berulang lagi, penyebab sariawan itu sendiri harus dihilangkan,” kata dr Cynthia. 

Ia melanjutkan, umumnya penyebab sariawan adalah trauma pada mulut, seperti menyikat gigi terlalu keras atau akibat mainan yang digigit-gigit oleh anak, tidak sengaja tergigit, serta makanan yang terlalu panas. 

Selain itu, ada juga sariawan berulang yang disebabkan oleh alergi atausensitivitas tertentu akibat makanan, kekurangan mikronutrien tertentu, kurangnya istirahat, kondisi stres tertentu, maupun gangguan imunitas seorang anak.  

Namun, kondisi sariawan yang disebabkan oleh hal-hal tersebut tidaklah menular.

Hal lain yang bisa menyebabkan sariawan juga karena infeksi. Salah satu yang paling sering terjadi pada kelompok anak yang berusia di bawah 5 tahun adalah infeksi coxsackievirus yang menyebabkan hand, foot, and mouth disease (HFMD).

"Kondisi sariawan akibat HFMD biasanya disertai oleh gejala lain, seperti demam atau merah-merah di kulit telapak tangan dan kaki, atau sekitar bokong anak," jelas dokter yang praktik di RS Pondok Indah Puri Indah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved