Breaking News:

Jamur Hitam Mematikan Intai Penyintas Covid-19, Terjadi di Indonesia Kenali Ciri-cirinya

Teror penyakit jamur hitam mematikan membayang-bayangi publik Tanah Air di tengah belum meredanya pandemi Covid-19 dengan varian barunya yaitu Delta

Editor: Irfan Azmi Silalahi
Shutterstock/stockpexel
Seseorang yang mengidap mukormikosis. Seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan jamur hitam, penyakit yang menyerang daerah mata dan muncul dengan kasus sangat banyak berbarengan dengan lonjakan Covid-19 

TRIBUNBATAM.id - Teror penyakit jamur hitam membayang-bayangi publik Tanah Air di tengah belum meredanya pandemi Covid-19 dengan varian barunya, Delta.

Penyakit infeksi jamur hitam tidak menular, namun penyakit ini bisa berdampak fatal bila tak mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Untuk mencegah infeksi jamur hitam, orang yang rentan terkena penyakit ini perlu rajin memakai masker, sering cuci tangan, menjaga kebersihan, dan hanya menggunakan obat steroid ketika disarankan dokter.

Di India dan beberapa negara lain dunia, jamur hitam menyerang penyitas Covid-19 maupun yang baru sembuh.

Penyakit jamur hitam adalah infeksi jamur serius yang bisa berdampak fatal yang juga dikenal dengan mucormycosis.

Penyakit ini belakangan menyerang sejumlah orang yang baru terkena Covid-19.

Seseorang yang mengidap mukormikosis. Seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan jamur hitam, penyakit yang menyerang daerah mata dan muncul dengan kasus sangat banyak berbarengan dengan lonjakan Covid-19
Seseorang yang mengidap mukormikosis. Seorang pria di India terinfeksi mukormikosis yang disebabkan jamur hitam, penyakit yang menyerang daerah mata dan muncul dengan kasus sangat banyak berbarengan dengan lonjakan Covid-19 (Shutterstock/stockpexel)

Terutama pada pasien yang selama terinfeksi virus corona menggunakan obat steroid berlebihan, pemilik komorbid diabetes, dan pemilik daya tahan tubuh lemah.

Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah penjelasan penyebab penyakit jamur hitam mematikan, gejala umum, dan siapa saja yang rentan terkena masalah kesehatan ini.

Melansir laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), infeksi jamur hitam jamak disebabkan oleh kelompok jamur mucormycetes.

Jamur biang penyakit ini bisa ditemukan di banyak tempat, terutama di tanah, dekat dedaunan, pupuk kompos, atau kotoran hewan.

Baca juga: WASPADA Ini 5 Fakta Jamur Hitam yang Mematikan, Cek Gejala dan Pencegahannya

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved