Breaking News:

Mengenal Kandungan Gizi Bawang Putih beserta 5 Manfaat Super di Dalamnya

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang hampir selalu digunakan di setiap masakan. Selain memiliki aroma khas, menambahkan bawang putih juga..

Editor: Lia Sisvita Dinatri
shutterstock
Ilustrasi bawang putih 

TRIBUNBATAM.id - Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang hampir selalu digunakan di setiap masakan. 

Selain memiliki aroma khas, menambahkan bawang putih juga bisa membuat masakan terasa lebih gurih, layaknya penyedap rasa. 

Sehingga, oleh sebagian orang yang menghindari konsumsi penyedap rasa buatan, bawang putih menjadi pilihan untuk menambah cita rasa. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa bawang putih ini tidak hanya dapat membuat masakan menjadi gurih dan enak, tetapi ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Guru besar dalam Ilmu Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR), Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS.

Menurut Mangestuti, pemakaian bawang putih untuk kesehatan sudah berlangsung ribuan tahun lamanya, termasuk penggunaan dalam bentuk segar.

Manfaat atau khasiat bawang putih, didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan utamanya adalah senyawa yang menyebabkan bau khas, yaitu golongan organosulfur.

Senyawa kandungan bernama aliin akan cepat diubah menjadi senyawa organosulfur bernama alisin oleh enzim alliinase ketika bawang diiris, atau dihancurkan atau dipres maupun ditekan.

Kandungan lain yang tidak mengandung sulfur adalah sebagai berikut: 

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved