Breaking News:

Berikut Ini 3 Jenis Vaksin Covid-19 yang Disetujui untuk Dipakai Ibu Hamil

Pemerintah telah mengizinkan ibu hamil dan menyusui menjalani vaksinasi Covid-19 untuk menekan risiko penularan. Wanita yang sedang mengandung dan ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
AFP/DIRK WAEM
Ilustrasi vaksin covid-19 

TRIBUNBATAM.id - Pemerintah telah mengizinkan ibu hamil dan menyusui menjalani vaksinasi Covid-19 untuk menekan risiko penularan. 

Wanita yang sedang mengandung dan menyusui memang tergolong berisiko tinggi terpapar Covid-19, bahkan bisa menyebabkan kematian. Vaksinasi diprioritaskan untuk sejumlah daerah dengan tingkat penularan yang tinggi. 

Meski demikian, ibu hamil dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dulu sebelum menjalani vaksinasi

Pasalnya, kondisi itu tergolong sebagai kriteria khusus sehingga membutuhkan proses skrining terhadap status kesehatannya.  

Penelitian American Journal of Obstetrics and Gynecologist menyebutkan, antibodi yang tercipta dalam tubuh ibu hamil yang divaksin akan terdeteksi dalam darah dan tali pusar bayi. Hal yang sama juga berlaku pada ASI ibu yang mendapatkan vaksinasi

Obstericians and gynecologist, dr.Beeleonie, BMedSc, SpOG,KFER mengatakan ibu hamil penyintas Covid-19 dianjurkan menunggu tiga bulan terlebih dulu, baru mendapatkan vaksinasi

Antibodi yang terbentuk pasca vaksinasi dikatakan juga jauh lebih tinggi dibandingkan yang terbentuk secara alami karena terinfeksi. 

Dosis pertama vaksin Covid-19 akan mulai diberikan pada trimester kedua kehamilan. Sedangkan untuk pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin yang dipakai. 

Ada tiga jenis vaksin Covid-19 yang disetujui untuk dipakai oleh ibu hamil dan menyusui yakni: 

- Moderna

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved