Breaking News:

Ibu yang Terpapar Covid-19 Tetap Bisa Menyusui Buah Hati, Ini yang Harus Dilakukan

Menyusui dikala pandemi saat ini dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi ibu. Masa pandemi membuat ibu menyusui harus lebih ketat dalam ..

Editor: Lia Sisvita Dinatri
MANFAAT.CO.ID
Ilustrasi ibu menyusui 

TRIBUNBATAM.id - Menyusui dikala pandemi saat ini dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi ibu. 

Ibu harus lebih cermat menyeleksi informasi yang diserap agar dapat menjaga kualitas dan kelancaran pemberian ASI. 

Masa pandemi membuat ibu menyusui harus lebih ketat dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan dan untuk sementara ini membatasi kunjungan dari kerabat yang bersifat tidak darurat. 

Dukungan pasangan dan keluarga juga berperan penting untuk menjaga psikologis ibu tetap positif dan tenang demi kelancaran pemberian ASI eksklusif berkualitas yang mampu membangun imunitas bayi

Menyusui saat terpapar Covid-19

dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A, dokter spesialis anak di RSIA SamMarie Basra & RSUD Budhi Asih, menjelaskan, bagi ibu yang terpapar Covid-19 juga tetap masih bisa menyusui bayinya. 

"Jika tanpa gejala atau gejala ringan dan bisa isolasi mandiri di rumah, maka ibu dan bayi disarankan dalam satu ruangan tersendiri, karena bayi perlu skin to skin dengan ibunya dan ini terjadi saat si ibu menyusui bayinya," jelas dr. Zidnie Prissilla Primawati, Sp.A,seperti dikutip dari rilis Anmum, Kamis (5/8/2021). 

Namun, sebelum menyusui ibu harus mencuci tangan terlebih dahulu dan tetap menggunakan masker.

"Pastikan untuk selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyusui dan memegang bayi, kenakan masker, tutup mulut dan hidung terutama saat bersin dan jaga kebersihan barang-barang yang digunakan bayi dengan menyemprotkan disinfektan," terangnya. 

Sedangkan untuk yang memiliki gejala sedang, ibu dapat menyusui dengan memompa ASI untuk stok.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved