Breaking News:

Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh, Salah Satunya Bisa Sebabkan Maag

Teh menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Penelitian modern menunjukkan, bahwa senyawa ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
freepik.com
Ilustrasi minum teh 

TRIBUNBATAM.id - Teh menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Penelitian modern menunjukkan, bahwa senyawa tanaman dalam teh mampu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung

Meski konsumsi teh sangat baik untuk kesehatan, minum teh lebih dari 3-4 cangkir per hari dapat mendatangkan efek samping yang negatif. 

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 efek samping terlalu banyak minum teh yang penting diketahui: 

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh mengandung senyawa tanin dalam jumlah tinggi. Tanin dapat mengikat zat besi dari makanan yang membuat saluran pencernaan tidak menyerap zat besi dalam jumlah cukup.

Penelitian menunjukkan, tanin dalam teh cenderung menghambat penyerapan zat besi dari makanan nabati dibandingkan dari makanan hewani.

Jadi, bagi para vegetarian, jumlah teh yang dikonsumsi setiap harinya harus diperhatikan agar penyerapan zat besi tetap optimal.

2. Meningkatkan kecemasan

Daun teh secara alami memiliki kandungan kafein. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dari teh atau sumber lainnya dapat menyebabkan perasaan cemas, stres, dan gelisah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved