Breaking News:

SIMAK Syarat dan Lokasi Vaksin Covid-19 Moderna, Mulai Diberikan ke Umum

Vaksin Covid-19 buatan Moderna yang sebelumnya digunakan untuk booster tenaga kesehatan kini mulai didistribusikan ke masyarakat umum dengan syarat

Kompas.com
Ilustrasi vaksin Covid-19 Moderna. Mulai Diberikan ke Umum, SIMAK Syarat dan Lokasi Vaksin Covid-19 Moderna 

TRIBUNBATAM.id - Vaksin Covid-19 buatan Moderna yang sebelumnya digunakan untuk booster tenaga kesehatan, kini mulai didistribusikan ke masyarakat umum. 

Kepastian itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Menurut Siti Nadia Tarmizi, vaksin Moderna dosis satu dan dua dapat digunakan untuk masyarakat umum.

Namun, penggunaan vaksin Covid-19 buatan Moderna hanya untuk mereka yang berusia di atas 18 tahun. 

Penggunaan vaksin Covid-19 buatan Moderna ini melengkapi vaksinasi massal yang digalakkan pemerintah.

Seperti diketahui, upaya vaksinasi massal Covid-19 untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia telah menggunakan Sinovac dan AstraZeneca.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (12/8/2021), Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan 5.102.300 dosis vaksin Moderna untuk vaksinasi Covid-19 di 34 provinsi.

"Moderna untuk masyarakat umum untuk dosis satu dan dosis dua untuk usia di atas 18 tahun," ujar Nadia, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Beda Vaksin Moderna dengan Pfizer, Mana yang Lebih Manjur?

Meskipun vaksin Covid-19 buatan Moderna juga diberikan kepada masyarakat umum, namun suntikan ketiga (booster) Moderna bagi para tenaga kesehatan juga terus dilanjutkan.

Tenaga kesehatan adalah prioritas untuk mendapatkan tambahan perlindungan dari vaksin Covid-19 buatan Moderna.

Nadia mengatakan, vaksin buatan perusahaan AS itu merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA dengan nukleosida dimodifikasi yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 sehingga dapat mencegah penyakit Covid-19.

Ilustrasi vaksin Moderna
Ilustrasi vaksin Moderna (Kompas.com)

Kemenkes mengarahkan agar vaksin Covid-19 buatan Moderna disimpan dalam mesin pendingin pada suhu minus 25 derajat celsius sampai dengan minus 15 derajat celsius di fasilitas dinas kesehatan.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SR.02.06II/2025 /2021 yang ditandatangani Plt Sekjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, 4 Agustus 2021.

Sedangkan pada fasilitas pelayanan kesehatan, kata Nadia, vaksin Covid-19 buatan Moderna dapat disimpan pada "vaccine refrigerator" suhu 2 hingga 8 derajat celsius.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved