Breaking News:

Dermaga Kapal Pelni Akan Pindah dari Pelabuhan Batu Ampar, Ini Kata Kacab Pelni Batam

Kepala Cabang Pelni Batam, Agus Suprijatno mengatakan, pihaknya sebagai operator siap mengikuti pemindahan kapal Pelni sesuai instruksi pemerintah

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/Ronnye Lodo Laleng
Dermaga Kapal Pelni Akan Pindah dari Pelabuhan Batu Ampar, Ini Kata Kacab Pelni Batam. Foto ratusan penumpang kapal Pelni KM Kelud saat turun di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Rabu (25/8/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Badan Pengusahaan (BP) Batam berencana memindahkan dermaga kapal Pelni dari Pelabuhan Batu Ampar Batam ke pelabuhan swasta, yakni Pelabuhan Bintang 99, beberapa waktu lalu.

Terkait rencana ini, Kepala Cabang Pelni Batam, Agus Suprijatno mengatakan, pihaknya sebagai operator siap untuk mengikuti pemindahan dermaga kapal tersebut apabila sudah diinstruksikan.

Ia menjelaskan, pada awalnya dermaga kapal Pelni di Batam ditempatkan di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Akan tetapi, ketika masa pemerintahan Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan, kondisi Pelabuhan Sekupang masih jauh dari kata layak.

"Kemudian tempat berlabuhnya dipindahkan ke Pelabuhan Batu Ampar, sementara status pelabuhan itu adalah pelabuhan barang," ujar Agus, Jumat (10/9/2021).

Agus mengakui, Batam belum memiliki pelabuhan khusus pelayaran antar provinsi yang layak.

Meski demikian, jika pemindahan kapal Pelni ke Pelabuhan Bintang 99 sudah melalui pertimbangan matang oleh Kementerian Perhubungan, serta syahbandar, maka pihaknya akan mengikuti instruksi tersebut.

"Pastinya ada pertimbangan secara nautis maupun teknis. Kalau dari Kemenhub ada perintah untuk itu, dan syahbandar oke, kami ikut saja," ujar Agus.

Ia berharap, ke depannya dibangun terminal penumpang kapal antar provinsi di Batam yang layak sebagai dermaga kapal Pelni.

Pelabuhan Batu Ampar Disorot

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved