Breaking News:

CORONA KEPRI

Lanal Tarempa Vaksinasi 300 Awak Kapal Ikan Pukat Mayang 

300 awak kapal ikan pukat mayang yang beroperasi di Kepulauan Anambas khususnya di wilayah kerja Lanal Tarempa divaksinasi covid-19.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/RAHMA TIKA
Para awak kapal ikan pukat mayang melakukan vaksinasi di Balai Pelabuhan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pangkalan TNI Angkatan Laut memberikan vaksinasi covid-19 untuk 300 awak kapal ikan pukat mayang yang beroperasi di Kepulauan Anambas khususnya di wilayah kerja Lanal Tarempa.

Kegiatan ini sejalan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 TNI Angkatan Laut.

Sebanyak 300 orang awak kapal dari 9 buah kapal ikan ini mendatangi Balai Pelabuhan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri untuk mendapatkan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Lanal Tarempa yang berkolaborasi dengan himpunan nelayan Indonesia cabang Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kita melibatkan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia di Kepulauan Anambas dengan maksud agar sukses penyelenggaraan kegiatan vaksinasi yang ditujukan kepada awak kapal Indonesia yang beroperasi di wilayah perairan Anambas dan di laut Natuna Utara yang melaksanakan bekal ulang dan berlindung di pelabuhan perikanan di Desa Antang," ujar Danlanal Tarempa Letkol Laut (P), Yovan Ardhianto, Jumat (10/9/2021).

Sementara itu dari Ketua Pelaksana Harian HNSI Cabang Anambas, Yusuf sangat senang dan mengapresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang telah bersedia menggelar vaksinasi covid-19 untuk para nelayan pukat mayang ini.

"Untuk memutuskan mata rantai covid-19 ini sangat penting sekali bagi para awak nelayan sebagai pendatang seperti awak kapal ikan dari luar daerah yakni kapal pukat mayang yang biasanya singgah di pelabuhan Antang," tutur Yusuf.

Baca juga: JADWAL dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Tanjungpinang, Ada di 12 Lokasi Faskes

Tentunya ini adalah program kegiatan yang harus didukung dan juga ini program vaksinasi maritim yang dilaksanakan oleh TNI AL yang sangat diterima dengan baik oleh masyarakat dan para nelayan di Anambas.

Seorang nakhoda kapal yang mengikuti kegiatan vaksinasi ini, Jalal tidak menyangka bahwa dirinya bisa mendapatkan vaksinasi dengan mudah dan bahkan tanpa kesulitan.

"Saya sebagai awak kapal ikan pukat mayang sangat berterima kasih atas perhatian dari TNI AL yang mau membantu vaksinasi kepada awak kapal kami, dan juga kami ucapkan selamat ulang tahun ke -76 untuk TNI AL seluruh Indonesia," ujar Jalal.

Tak hanya memberikan vaksin covid-19 saja, Danlanal Tarempa juga menyempatkan diri berbincang sejenak dengan para awak kapal serta berpesan kepada seluruh awak kapal pukat mayang untuk menjaga keselamatan ketika berada di laut.

Terutama saat berlayar selama melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di perairan dan memahami batas-batas wilayah perairan Indonesia dalam menangkap ikan, hal ini agar para awak kapal terhindar dari pelanggaran hukum.

"Sebagai awak kapal dan nakhoda kapal harus tahu dan mengerti akan batas wilayah perairan Indonesia, harus pasang GPS pada saat melaut serta melengkapi semua dokumen yang seharusnya ada di atas kapal saat beroperasi di laut," jelasnya.

Ia juga berpesan apabila bertemu dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) lakukanlah komunikasi dengan baik dan sampaikan apabila menemui kendala selama melaut.

Kapal ikan Indonesia seperti kapal pukat mayang ini adalah salah satu mata dan telinga negara khususnya TNI AL selama di laut sehingga sangat diperlukan keberadaan kapal-kapal ikan guna mengisi kekosongan di wilayah ZEEI. (TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved