Breaking News:

Ribuan Dosis Vaksin Mubazir di Wilayah Ini Karena Warga Banyak yang Takut Disuntik

Ribuan Dosis vaksin mubazir di provisni Aceh karena warga disana tidak mau disuntik. Hal ini terjadi di wilayah aceh. Akibat kejadian tersebut, ribuan

Editor: Eko Setiawan
WANG ZHAO / AFP
Ilustrasi Vaksin Sinovac Biotech 

TRIBUNBATAM.id, ACEH - Karena warga yang tidak mau di Vaksin, akhirnya ribuan dosis Vaksin mubazir dan terbuang.

Hal itu terjadi di provinsi Aceh, sejauh ini peminat vaksin di daerah tersebut berkurang.

Sebanyak 1.921 dosis vaksin Sinovac yang diperuntukkan warga Kabupaten Aceh tenggara harus terbuang sia-sia dan ada pula yang rusak. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (10/9/2021).

Rinciannya, dari 1.921 dosis vaksin Sinovac yang terbuang itu, sebanyak 1.818 dosis tak terpakai. Kemudian, sisanya sebanyak 103 dosis dinyatakan rusak.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Tenggara Sukri Manto mengatakan, data tersebut didapat dari data Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Tenggara tanggal 10 September 2021.

Penyebab vaksin terbuang

Menurut Sukri Manto, banyak vaksin yang terbuang sia-sia lantaran pada awal-awal vaksinasi, masyarakat banyak yang takut atau tidak antusias untuk divaksin.

Padahal, vaksin yang dikirim dari pusat itu adalah berbentuk kemasan, yang mana satu vial bisa untuk vaksinasi 10 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
“Jadi terkadang yang datang cuma enam orang, maka yang tidak terpakai juga jadi banyak,” kata Sukri Manto, Minggu (12/9/2021), seperti dikutip Serambinews.com. 

Saat ini, vaksin yang terbaru satu vial isinya dua dosis. “Sehingga, kalau untuk yang tidak terpakai pasti sedikit dan beda dengan vaksin sebelumnya,” kata Sukri Manto.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved