Breaking News:

Reaksi Penumpang saat Bandara RHA Karimun Terapkan PeduliLindungi

Bandara RHA Karimun menerapkan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat naik pesawat terbang di masa PPKM, sehingga bisa mendeteksi sebaran Covid-19

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id
Aplikasi PeduliLindungi Diterapkan di Bandara RHA Karimun, Ini Respon Calon Penumpang. Foto Kepala Bandara RHA Karimun, Fanani Zuhri saat memberikan penjelasan terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Kabupaten Karimun mulai menerapkan aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu syarat terbang.

Melalui aplikasi PeduliLindungi, calon penumpang di Bandara RHA Karimun kini tidak perlu lagi repot membawa banyak dokumen.

Sebab calon penumpang cukup menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang telah terkoneksi dengan dokumen-dokumen kesehatan.

Kepala Bandara RHA Karimun, Fanani Zuhri mengatakan, aplikasi PeduliLindungi telah terkoneksi dengan e-HAC Indonesia, hasil tes Covid-19 dan sertifikat vaksinasi.

"Jadi dalam satu aplikasi sudah bisa diakses semua secara digital," ucap Fanani Zuhri, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Masuk Supermarket Wajib Gunakan PeduliLindungi, Belum Vaksin Dilarang Masuk!

Baca juga: Jangan Tertipu Website Palsu, Ini Cara Cek Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di PeduliLindungi.id

Bagi calon penumpang Bandara RHA Karimun, sebelum terbang harus melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan yang telah terafiliasi dengan New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

"Untuk di Karimun seluruh Faskes yang ada sudah terhubung ke NAR. Sehingga, secara otomatis sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi," tambahnya.

Ia menambahkan, saat sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi, calon penumpang cukup melakukan scan barcode ke mesin PeduliLindungi di Bandara RHA.

"Jadi tidak perlu repot membawa dokumen kesehatan, cukup scan barcode saja. Tapi sebelum itu, tentunya calon penumpang harus melakukan registrasinya dulu," ujarnya.

Seorang calon penumpang di Bandara RHA Ratna mengatakan, dengan aplikasi PeduliLindungi mempermudah pihaknya dalam hal persyaratan penerbangan.

"Bersyukur saat ini bandara terus melakukan kemudahan dalam melakukan perjalanan. Jadi tak terlalu banyak bawa dokumen lagi," ujarnya.

Selain itu, terpantau pihak petugas Bandara RHA juga turut membantu calon penumpang dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi.

(Tribunbatam.id/YeniHartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved