Breaking News:

BATAM TERKINI

Realisasi PMA 2020 di Batam Mencapai 643 Juta Dolar Amerika

BP Batam mencatat realisasi penanaman modal asing tahun 2020 terbilang menurun pada triwulan II dibandingkan sebelumnya.

Ist
Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi mengatakan, BP Batam mencatat realisasi penanaman modal asing tahun 2020 terbilang menurun pada triwulan II dibandingkan sebelumnya. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengusahaan (BP) Batam mencatat realisasi penanaman modal asing (PMA) tahun 2020 terbilang menurun pada triwulan II dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini diduga karena dampak dari pandemi Covid-19 yang melemahkan beberapa sektor perekonomian di Batam.

Adapun total realisasi penanaman modal asing tahun 2020 mencapai USD 643 juta, dengan total proyek sebanyak 1.714.

Namun, angka tersebut meningkat pada kuartal ketiga dari USD 118 juta menjadi USD 270 juta.

Lima negara di posisi teratas yang paling banyak berinvestasi di Batam adalah Singapura dengan 867 proyek, dengan nilai investasi USD 360 juta.

Kemudian Luxemburg dengan 15 proyek senilai USD 141 juta.

Selanjutnya, Jerman menanam 25 proyek dengan nilai USD 27 juta, Republik Rakyat Tiongkok membangun 110 proyek dengan total nilai USD 24 juta dan Taiwan memiliki 69 proyek bernilai investasi USD 22 juta.

Baca juga: Gubernur Kepri Minta FTZ Bintan dan Karimun Sama dengan Batam

"Dari proyek-proyek tersebut ada lima besar sektor industri yang mendominasi Batam, yaitu Industri Mesin, Elektronik, Alat Kesehatan, Peralatan Listrik, Presisi, Optik, dan Jam dengan 309 proyek dan investasi senilai USD 285 juta," ujar Kepala BP Batam Rudi, Selasa (28/9/2021).

Selain itu ada juga Industri Makanan dengan total 68 proyek senilai USD 160 juta, Industri Kimia dan Farmasi berjumlah 73 proyek senilai USD 52 juta, Industri Karet dan Plastik dengan 120 proyek senilai USD 30 juta, dan Perumahan, Kawasan Industri serta Perkantoran berjumlah 64 proyek dengan nilai USD 28 juta.

Kendati kondisi pandemi Covid-19 masih belum usai, namun pihaknya mengaku optimis Batam masih menjadi salah satu kota tujuan investasi yang menguntungkan.

Hal ini ditandai dengan banyaknya investasi baru bermunculan di Kota Batam.

"Kami optimis, Batam masih menjadi kota tujuan investasi yang menguntungkan," ujar Rudi.
(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved