Breaking News:

BATAM TERKINI

Ruslan Berharap Tradisi Mandi Safar Masuk Agenda Wisata Batam 

Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim mengatakan tradisi mandi Safar harus tetap dilestarikan dan dijadikan agenda wisata.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Argianto DA Nugroho
Tradisi mandi safar digelar di Kampung Terih Batam. Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim mengatakan tradisi mandi Safar harus tetap dilestarikan dan dijadikan agenda wisata. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim mengatakan tradisi mandi Safar harus tetap dilestarikan dan dijadikan agenda wisata.

Mengingat tradisi mandi Safar yang digelar oleh LAM Kecamatan Nongsa dan masyarakat Kampung Terih, Sambau, Nongsa, Rabu (6/10/2021) berjalan lancar dan khidmat.

"Kegiatannya bagus tapi memang harus dikemas lagi. Jangan tanggung-tanggung karena tempat (Kampung Terih) sudah dijadikan objek wisata itu, dari hulu dan hilir," ujar Ruslan saat berada di ruangannya, Kamis (7/10/2021).

Diakuinya jika tempat tersebut ditata menjadi baik tentunya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Karena, Nongsa menjadi salah satu destinasi wisata yang selama ini sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan nusantara. 

"Ini tentunya meningkatkan PAD kita. Kemarin, ada beberapa hal yang disampaikan Kepala Dispar Batam (Ardi) terkait menyambut geliat ekonomi wisata. Di mana masyarajat di minta membuat homestay yang sederhana tapi menyatu dengan alam," ucapnya. 

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, kegiatan masyarakat Melayu Mandi Safar ini hakikatnya untuk memohon perlindungan.

Karena digelar dengan rangkaian doa bersama usai prosesi mandi tersebut.

Baca juga: CATAT! Kendaraan Mati Pajak di Batam tak Akan Dilayani SPBU

Baca juga: INI Dia Harga Tanah Termahal di Batam 2021, Per Meter Persegi Rp 12,2 Juta

Mandi Safar sudah berlangsung sejak lama, sejak Kesultanan Riau Lingga.

Sebelum Mandi Safar ada ritual Besapa yakni meminta doa selamat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved