Breaking News:

BURSA PANGLIMA TNI

Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Digelar Hari Ini

DPR RI pun mengungkap alasan fit and proper test calon Panglima TNI digelar saat akhir pekan. Termasuk alasan Istana memilih Jenderal Andika Perkasa.

ISTIMEWA
DPR RI bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa hari ini, Sabtu (6/11/2021). FOTO: KSAD Jenderal Andika Perkasa. 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa akan digelar di DPR RI hari ini, Sabtu (6/11/2021).

Itu setelah Ketua DPR RI Puan Maharani telah menerima surat presiden (supres) mengenai usulan calon Panglima TNI.

Supres diberikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Andika menjadi calon tunggal Panglima TNI setelah terdapat nama lain seperti KSAL Laksamana Yudo Margono yang digadang-gadang menjadi calon kuat Panglima TNI.

Jenderal TNI Andika Perkasa bakal menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki masa pensiun dari dunia kemiliteran pada November 2021, atau setelah berusia 58 pada 8 November 2021.

Baca juga: Menhan Prabowo Beri Pesan Penting ke Jenderal Andika Perkasa Calon Tunggal Panglima TNI

Baca juga: Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Pekan Depan Uji Kelayakan

Legislatif pun mengungkap alasan mengapa uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI dilakukan saat akhir pekan.

Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FPT) calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa baru dapat dilaksanakan pada Sabtu karena Komisi I DPR baru menerima surat penugasan untuk menggelar FPT dari Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Kamis (4/11/2021) sore.

"Hasil keputusan dari pimpinan DPR itu kan tanggal 3 November, setelah putusan dari pimpinan kita menerima surat penugasan dari Bamus itu kemarin tanggal 4, tadi saya baru cek di sekretariat itu baru diterima jam 16.00," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (5/11/2021) seperti dikutip Kompas.com.

Bobby menyebutkan, rangkaian FPT terhadap Andika telah dimulai pada Jumat ini dengan agenda verifikasi kelengkapan dokumen.

Ia menjelaskan, Komisi I DPR menyediakan waktu satu hari untuk verifikasi dokumen sambil menunggu materi presentasi dari Andika selaku calon panglima untuk dipelajari oleh anggota Komisi I DPR.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved