Breaking News:

BATAM TERKINI

Berapakah UMK Kota Batam Tahun 2022? Ini Jawaban Wakil Walikota Batam

Besaran Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2022 saat ini telah mulai dibahas di tingkat Disnaker Provinsi. lalu, berapa besaran UMK Batam? Ini kata Wawako.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
kompas.com
Besaran Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2022 saat ini telah mulai dibahas di tingkat Disnaker Provinsi. Ilustrasi. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Besaran Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2022 saat ini telah mulai dibahas di tingkat Disnaker Provinsi.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengaku bahwa pihaknya belum mengajukan usulan besaran angka dalam pembahasan.

"Sampai saat ini laporan angka usulan UMK dari Batam belum kami terima di unsur pimpinan. Namun setahu saya hal itu telah mulai dibahas di Provinsi. Dari kami belum ada usulan ke Provinsi," ujar Amsakar, Senin (8/11/2021).

Diakuinya usulan UMK Batam 2022 ini pastinya berdasarkan angka statistik yang sebelumnya telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Mengenai pertumbuhan ekonomi Batam di tahun 2021.

Angka UMK yang telah dibahas di tingkat Kota, kemudian akan diusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, guna melanjutkan pembahasan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022 mendatang.

"Persoalan ini kan harus dengan win-win solution. Artinya jangan sampai ada gejolak saat ini, baik dari Serikat atau Pengusaha harus sama-sama menyetujui angka yang sebelumnya sudah dibahas di tingkat Provinsi," katanya.

Sebelumnya diberitakan Serikat Buruh Kota Batam yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerjaan Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, menolak pembahasan Upah Minimum pada tahun depan.

Baca juga: SEGINI Gaji dan Tunjangan Jenderal TNI Andika Perkasa Jika Menjabat Panglima TNI

Baca juga: CEGAH Covid-19 Gelombang 6, Kini Tes PCR dan Antigen di Jepang Gratis

Panglima Garda Metal FSPMI Kota Batam, Suprapto mengatakan, pihaknya akan turun ke jalan untuk meminta kejelasan terkait Upah Minimum tersebut. 

Walau belum dimulai, namun menurut Suprapto, usulan pembahasan Upah Minimum dari pihak Pemerintah Kota/Kabupaten sangat memberatkan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved