Breaking News:

Disdukcapil Anambas Jemput Bola ke Sekolah, Layani Kartu Identitas Anak dari Siswa TK

Plt Kadisdukcapil Anambas Nurgayah mengatakan, jemput bola pelayanan KIA ini sudah mereka lakukan di empat kecamatan di Anambas

Penulis: Kontributor Anambas | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id/JUNAIDI
Disdukcapil Anambas Jemput Bola ke Sekolah, Layani Kartu Identitas Anak dari Siswa TK. Foto proses perekaman KIA di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tarempa belum lama ini 

Laporan Kontributor TribunBatam.id di Anambas, Junaidi

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) jemput bola pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) ke sekolah-sekolah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdukcapil Anambas, Nurgayah mengatakan, strategi pembuatan KIA ini dengan mendatangi TK, SD, dan SMP di Anambas.

Disampaikan, saat ini jemput bola pelayanan KIA ini sudah mereka lakukan di 4 kecamatan. Yakni Kecamatan Siantan Tengah, Siantan, Kecamatan Jemaja, Jemaja Timur, dan Jemaja Barat.

Terbaru pada Rabu (10/11/2021) dilakukan di sebuah sekolah di Kecamatan Siantan.

"Kemarin kita lakukan di Siantan tepatnya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tarempa," jelasnya, Kamis (11/11/2021).

Untuk tahun 2021, ada sekitar 75 persen anak-anak di Anambas sudah memiliki KIA. Targetnya pada 2022 mendatang, semua anak di Anambas sudah memiliki KIA semuanya.

Nurgayah menjelaskan, sebelumnya Disdukcapil Anambas juga telah melakukan sejumlah inovasi lainnya. Seperti Rekam Cetak KTP-el di tempat (Rem Cepat), Jemput Dokumen KIA dan Akta (Jempol Kita), KK, Akta Kelahiran, KIA Seketika (Kata Kita), Hantar Dokumen Sampai ke Alamat (Hang Jebat) dan Kolaborasi Dokumen Disdukcapil dengan Kementerian Agama (Kado Pernikahan).

Baca juga: Orangtua Wajib Tahu, Ini Syarat Membuat Kartu Identitas Anak Usia 0-17 Tahun

Baca juga: BELANJA di Edukits Batam Pakai Kartu Identitas Anak (KIA) Bisa Dapat Diskon 

"Kita akan terus melakukan inovasi untuk memudahkan masyarakat memiliki dokumen kependudukan. Dan untuk KIA, akan kita namakan Kartu Identitas Anak Cetak di Tempat (KITA CePat)," jelasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Penduduk Firmasyah menambahkan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang KIA, bahwa KIA merupakan identitas resmi anak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved