Breaking News:

Ekonomi Kepri Tumbuh 2,97 Persen di Triwulan III 2021

Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo sebut, perekonomian Kepri pada triwulan III 2021 tumbuh 2,97 persen. Simak faktor yang mempengaruhinya

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Ekonomi Kepri Tumbuh 2,97 Persen di Triwulan III 2021. Foto Kepala BPS Provinsi Kepri, Agus Sudibyo 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tumbuh sebesar 2,97 persen pada triwulan III tahun 2021 (year on year).

Itu sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri.

Kepala BPS Provinsi Kepri, Agus Sudibyo mengatakan, perekonomian Kepri pada triwulan tersebut diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp 67,90 triliun dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp 44,40 triliun.

"Sehingga ekonomi Kepri (y-on-y) tumbuh sebesar 2,97 persen pada triwulan itu," sebut Agus dalam siaran BPS Kepri, Kamis (11/11/2021).

Sementara dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan triwulan ini didorong kategori industri pengolahan yang memberikan andil pertumbuhan sebesar 1,59 persen dan kategori konstruksi dengan andil pertumbuhan sebesar 1,57 persen.

"Dari sisi pengeluaran, komponen yang memberikan andil pertumbuhan terbesar adalah PMTB sebesar 1,73 persen dan PK-LNPRT dengan andil sebesar 0,02 persen,"jelas Agus.

Sedangkan jika ekonomi Kepri pada triwulan III tahun 2021 dibandingkan dengan triwulan II 2021 (q-to-q) mengalami kontraksi sebesar 0,39 persen.

Baca juga: Kunjungan Wisman ke Batam Agustus 2021 Meningkat, Namun Masih Rendah secara Kumulatif

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam Menurun Selama 2021, Kapal?

Dari sisi produksi, kategori administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib dengan andil kontraksi terbesar sebesar 0,68 persen, diikuti kategori transportasi dan pergudangan dengan andil kontraksi sebesar 0,33 persen.

"Dari sisi pengeluaran komponen pengeluaran konsumsi pemerintah memberikan andil kontraksi terbesar yaitu 1,50 persen, diikuti pengeluaran konsumsi rumah tangga dengan andil kontraksi sebesar 1,42 persen," tegas Agus.

Sampai dengan triwulan III-2021, secara kumulatif (c-to-c) pertumbuhan ekonomi Kepri tumbuh sebesar 2,79 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam lingkup regional, PDRB Kepri triwulan III tahun 2021 memberikan kontribusi sebesar 7,22 persen terhadap PDRB Pulau Sumatera.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Berita Tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved