Breaking News:

INGIN Akses Bintan Dibuka, Menlu Indonesia Retno Marsudi Terbang ke Singapura Bahas VTL

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi terbang ke Singapura, Selasa (16/11/2021) untuk membahas penguatan kerjasama bilateral, terkait skema VTL.

KOMPAS.COM
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berkunjung ke Singapura, Selasa (16/11/2021) untuk membahas penguatan kerjasama bilateral, terkait skema VTL. 

SINGAPURA, TRIBUNBATAM.id  - Sehari setelah Singapura mengumumkan bahwa pendatang asal Indonesia bisa masuk Singapura tanpa karantina melalui vaccinated travel lane (VTL), Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi langsung terbang ke Singapura, Selasa (16/11/2021).

Menlu Retno bertemu langsung dengan sejawatnya, Menlu Singapura Vivian Balakrishnan untuk membahas penguatan kerjasama bilateral, khususnya pengaturan perjalanan terkait skema VTL.

Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan pembahasan pengaturan VTL secara bilateral.

“Pemberlakuan VTL oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), terus membaiknya situasi Covid-19 di Indonesia serta semakin tingginya tingkat vaksinasi," kata Retno usai pertemuan, seperti dilansir TRIBUNBATAM.id dari situs resmi Kemlu, kemarin.

Kedua Menlu membahas detail pelaksanaan VTL unilateral yang diberikan oleh Singapura kepada pelaku perjalanan dari Indonesia dan negara lain.

Saat ini, kebijakan perjalanan tanpa karantina itu masih point to point, yaitu penerbangan dari Jakarta ke Singapura.

Retno mengharapkan agar VTL yang saat ini masih terbatas menggunakan penerbangan ini bisa diperluas dengan pembukaan perbatasan ke dua negara melalui jalur laut.

Selain itu, Retno juga mengharapkan adanya travel bubble untuk destinasi Bintan menggunakan ferry.

Seperti diberitakan kemarin, Singapura mengumumkan bahwa pendatang dari Indonesia dan India, mulai 29 November nanti, bisa masuk ke negara itu tanpa perlu dikarantina.

Hal ini setelah negara itu menurunkan tingkat risiko Covid-19 Indonesia dari level 3 ke level 2.

Baca juga: SINGAPURA Buka Pintu Perbatasan, Apakah Berlaku Untuk Warga Kepri Termasuk Batam?

Baca juga: DAFTAR Syarat WNI Bisa Masuk Singapura Tanpa Karantina, Berlaku 29 November 2021

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved