Breaking News:

NATUNA TERKINI

Anyaman Tikar Serasan Natuna Bakal Disulap Jadi Produk Kerajinan Lain

Anyaman tikar Serasan akan menjadi fokus pengembangan kerajinan di Kabupaten Natuna. Produk ini akan dikembangkan menjadi berbagai produk lain.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/MUHAMMAD ILHAM
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopom) Kabupaten Natuna, Agus Supardi mengatakan anyaman tikar Serasan akan dibuat produk turunan baik berupa tas, kerudung, topi dan produk kerajinan lainnya. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopom) Kabupaten Natuna, Agus Supardi mengatakan anyaman tikar Serasan menjadi fokus pengembangan kerajinan di Kabupaten Natuna.

Menurut Agus Supardi, nantinya akan dibuat produk turunan kerajinan dari anyaman tikar tersebut, baik berupa tas, kerudung, topi dan produk kerajinan lainnya.

Untuk merealisasikan keinginan tersebut, pihaknya bersama Dekranasda Kabupaten Natuna akan membawa motif tikar tersebut ke pusat desain Kementerian Koperasi dan UKM dan juga Kemeterian Perindustrian.

"Bimbingan desain yang cocok untuk motif tikar yang ada, kita sudah melakukan pengembangan dari yang ada lebih bagus untuk ditingkatkan supaya banyak peminatnya," kata Agus Supardi.

Setelah nantinya didapatkan desain dan produk-produk apa saja yang akan menjadi turunan anyaman tikar Serasan, pihak Dinas dan Dekranasda akan melakukan bimbingan kepada pengrajin, supaya produk kerajinan yang dihasilkan memiliki nilai jual yang tinggi.

"Pada waktunya nanti kita melakukan pameran, dapat kita dawa untuk eksebisi, expo dan pameran, kalau bisa sampai ekspor," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Dekranasda Kabupaten Natuna, Septi Dwiani Wan Siswandi menyampaikan, ia menginginkan pemanfaatan potensi alam Natuna seperti kelapa, rotan, kerang dan lainnya dipergunakan untuk membuat kerajinan tangan yang nantinya dapat dipasarkan.

Baca juga: NAM Air Terbang Natuna, Wabup Berharap Harga Tiket ke Kabupaten Ini Bisa Lebih Murah

Baca juga: Jembatan Batam-Bintan Solusi Tepat Mempercepat Pemerataan Pembangunan dan Perekonomian Kepri

"Kita ingin produk kita dapat dipasarkan baik sebagai perabotan rumah tangga, kantor bahkan perhotelan," pintanya.

Ia juga menginginkan, produk-produk yang dihasilkan juga memiliki keunikan tersendiri, tetap bernilai etnik namun dibalit oleh trend yang kekinian sehingga dapat diterima oleh kalangan manapun. (TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved