Breaking News:

NATUNA TERKINI

NATUNA Jadi Area Pertahanan Negara, Indonesia Siap Kucurkan Belasan Triliun Rupiah

Pemerintah pusat siap mengucurkan belasan triliun rupiah untuk menyiapkan Natuna sebagai wilayah perbatasan negara Indonesia.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda saat mengunjungi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, di Jakarta, (3/12/2021). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Geografis Natuna yang berada di daerah perbatasan dan bersebelahan langsung dengan beberapa negara ASEAN membuat pemerintah pusat jadikan Negeri Laut Sakti Rantau Bertuah ini sebagai wilayah pertahanan.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah pusat bakal kucurkan dana belasan triliun rupiah untuk pertahanan di Natuna.

Melihat perhatian pemerintah pusat yang sedemikian rupa, tentu tidak disia-siakan oleh pemerintah daerah Natuna.

Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Wan Siswandi dan Rodhial Huda berangkat ke Jakarta pada 2 Desember 2021 untuk menjumpai sejumlah Menteri.

Satu di antaranya yang sudah dikunjungi Bupati dan Wakil Bupati Natuna adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, dan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Moeldoko Ginting.

Rencananya Bupati dan Wakil Bupati Natuna juga akan mengunjungi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Sebelum keberangkatannya, Wan Siswandi sempat mengatakan bahwa keberangkatan mereka untuk menyambut rencana pemerintah pusat menjadikan Natuna sebagai wilayah pertahanan.

Baca juga: BATAM Masih Pegang Rekor Kasus Aktif Covid-19 Terbanyak di Kepri

Baca juga: Pemilik Salon di Tiban Batam Nodai Siswi SMA Anak Pelanggannya

"Jadi begini, Pak Presiden Joko Widodo bukan saja mencanangkan Natuna sebagai wilayah pertahanan, tapi juga akan mempercepat pembangunan di sektor pariwisata, Migas, Lingkungan hidup dan juga sektor perikanan," kata Wan Sisiwandi, Kamis (2/12/2021) di Kantor Bupati Natuna.

Bicara pertahanan, kata Wan Siswandi, bukan saja memperbanyak personil prajurit TNI dan Polri serta kelengkapan persenjataan saja, namun juga harus menguatkan sektor ekonomi masyarakat Natuna, termasuk pembangunan infrastruktur dasar harus juga dipenuhi.

"Pertahanan akan kuat kalau ekonomi masyarakat juga meningkat dan sejahtera. Untuk itu melalui pembangunan sektor pariwisata dan perikanan yang juga mendapat support dari pemerintah pusat harus kita dukung dan sambut dengan baik," ucapnya.

Terkait infrastruktur dasar, juga menjadi perhatian Wan Sisiwandi dan Rodhial Huda, untuk mendukung program pemerintah pusat menjadikan Natuna sebagai wilayah pertahanan.

"Untuk itu kami menjumpai sejumlah Menteri terkait untuk memberi gambaran kondisi Natuna, baik persediaan air bersih, listrik maupun kondisi jalan yang ada di Natuna," terangnya.

Wan Siswandi dan Rodhial Huda juga berharap dan meminta kepada masyarakat Natuna agar dapat menyiapkan diri atas wacana pemerintah pusat dalam percepatan pembangunan di Natuna.

"Kita ambil kesempatan ini sebaik mungkin untuk pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Natuna," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved