Breaking News:

PEMPROV KEPRI

Kepri Berhasil Ciptakan Herd Immunity, Hasil Survey Sebut Titer Antibodi Capai 89,6 Persen

Berdasarkan survey serologi oleh Ahli Epidemologi, kekebalan tubuh kelompok masyarakat di Provinsi Kepri telah mencapai herd immunity.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat berkunjung ke Kepri belum lama ini. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mengungkapkan rasa senangnya karena hasil usaha kerasnya selama ini terkait penekanan penyebaran covid-19 di Kepri sudah menunjukkan hasil.

Berdasarkan survey serologi yang dilakukan Ahli Epidemologi, Ibrahim menyatakan bahwa kekebalan tubuh kelompok masyarakat di Provinsi Kepri telah mencapai herd immunity.

Berdasarkan penelitiannya, hasil pemeriksaan titer antibodi total masyarakat Kepri mencapai 89,6 persen.

Menurut Ansar, keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama dan kerja keras Pemerintah Provinsi Kepri bersama FKPD dan stakeholder lainnya yang secara kompak, fokus dan terus-menerus melakukan aksi vaksinasi massal.

“Alhamdulillah hasil survey itu kita menunjukkan hasil yang baik, bahkan sangat baik, dengan nilai 89,6 persen. Secara nasional angka minimal satu daerah dinyatakan baik, bila herd immunitinya  mencapai angka minimal 70 persen, namun kita telah lebih, hampir 90 persen,” kata Gubernur, Senin (3/1/2022) kemarin.

Sebagai ungkapan rasa senangnya atas hasil survey, Gubernur beserta rombongan langsung menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menyampaikan hasil survey dimaksud.

Baca juga: ISI Pesan Walikota Tanjungpinang Rahma saat Apel Perdana di Tahun 2022

Baca juga: DAFTAR Harga Tiket dan Jadwal Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam ke Berbagai Kota, Selasa (4/1)

Tidak hanya kepada Mendagri, namun juga kepada Kementerian Kesehatan RI.

“Berdasarkan hasil survey ini, kini Kepri dinyatakan aman dari penyebaran covid-19. Namun demikian, kita tetap dianjurkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menggesa vaksinasi terhadap sasaran vaksin yang belum tersentuh,’ kata Gubernur.

Berdasarkan hasil survey tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri juga sudah boleh membuka diri untuk menerima tamu dari manapun, dan tidak perlu takut, selama aturan protokol kesehatan tetap dijalankan.

“Dengan demikian, kita lebih leluasa beraktivitas dan menjalankan program-program pemulihan ekonomi melalui jalur pariwisata yang notabene melibatkan orang banyak yang masuknya dari mana saja,” kata Ansar.

Selanjutnya disarankan untuk Pemerintah Provinsi Kepri mengoptimalkan cakupan vaksinasi Covid-19, tetap menjaga kepatuhan protokol Kesehatan dan meningkatkan pengawasan terhadap pengelolaan vaksin.

Setelah bertemu Mendagri Tito Karnavian, Gubernur mengatakan bahwa dari seluruh Provinsi, baru 3 yang melakukan survey serologi, dan salah satunya Kepri yang telah menyelesaikannya. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved