Breaking News:

BATAM TERKINI

BATAM Tiap Tahun Banjir, Ketua DPRD Minta Pemerintah Evaluasi Pembangunan Infrastruktur

Di tengah pembangunan infrastruktur yang kian gencar dilakukan saat ini di Batam, fenomena banjir masih terjadi dan merugikan sebagian warga.

TribunBatam.id/Roma Uly Sianturi
Ketua DPRD Batam Nuryanto menyayangkan, di tengah pembangunan infrastruktur yang kian gencar dilakukan saat ini, fenomena banjir masih terjadi dan merugikan sebagian warga Kota Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Banjir di Batam kembali melanda pada awal tahun. Beberapa wilayah sempat diterjang banjir besar, tepatnya menjelang pergantian tahun 2022.

Fenomena ini pun mendapat sorotan dari Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto.

Ia menyayangkan, di tengah pembangunan infrastruktur yang kian gencar dilakukan saat ini, fenomena banjir masih terjadi dan merugikan sebagian warga Kota Batam.

Ia pun mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk mengevaluasi kembali pembangunan infrastruktur yang telah atau tengah dilakukan, terutama dari kacamatan keilmuan.

Hal ini untuk mencari tahu sumber permasalahan banjir tersebut, baik dari segi perencanaan maupun pembangunan infrastrukturnya.

"Memang selama ini kita giat membangun, khususnya di bidang infrastruktur. Ini perlu dievaluasi kembali apakah pembangunan jalan, drainase, saluran air, dan gorong-gorong ini sudah sesuai dan tidak akan berdampak terhadap lingkungan setiap tahunnya," jelas Nuryanto, Rabu (5/1/2022).

Ia mengaku, pada saat proses penganggaran rencana pembangunan Kota Batam, hal-hal teknis termasuk dampak lingkungan telah dipresentasikan dari pihak Pemko Batam melalui OPD terkait.

Baca juga: JANGAN SALAH! Ini Tips Pakar Untuk Cegah Bahaya Konsumsi Vitamin C Drink

Baca juga: DAFTAR 5 Sektor Pajak di Kepri Berhasil Lampaui Target Penerimaan Selama 2021 

Namun dengan adanya fenomena banjir setiap tahun yang tak kunjung surut, Nuryanto pun mendorong adanya perubahan dan perbaikan dalam hal pembangunan infrastruktur tersebut.

"Kita tidak bicara salah dan benar, tapi faktanya apa yang kita kerjakan ini masih menimbulkan dampak buruk. Ini yang perlu dievaluasi," tegas Nuryanto.

Untuk menindaklanjuti problem ini, pihaknya akan mengarahkan koordinator komisi, khususnya Komisi 3 DPRD Kota Batam, yang berkaitan langsung dengan pembahasan seputar infrastruktur.

Nantinya, Komisi 3 DPRD Kota Batam akan meninjau kembali penyebab permasalahan banjir di Kota Batam, dengan memanggil para OPD terkait, serta ahli di bidang teknik sipil dan lingkungan. 

"Saya akan meminta Komisi 3 untuk memanggil OPD terkait untuk mencari solusi atas permasalahan banjir ini," tambahnya. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved