Breaking News:

HARI JADI TANJUNGPINANG

Sampena Hari Jadi ke-238 Tanjungpinang, Walikota dan Wawako Ziarah Ke Makam Leluhur

Walikota Tanjungpinang Rahma serta Wakil Wali Kota Endang melaksanakan ziarah ke makam leluhur, Rabu (5/1/2022).

ISTIMEWA
Sampena Hari Jadi ke-238 Kota Tanjungpinang, Wali Kota dan rombongan ziarah ke makam para pejuang dan leluhur. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan serangkaian kegiatan sempena hari jadi ke-238 Tanjungpinang.

Sehari sebelum hari jadi Tanjungpinang, Walikota Tanjungpinang Rahma serta Wakil Wali Kota Endang melaksanakan ziarah makam, Rabu (5/1/2022).

Ziarah diawali dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu Kota Piring, dilanjutkan ke makam Daeng Marewah dan Makam Daeng Celak di Sei Carang, kemudian menuju Pulau Penyengat untuk ziarah ke kompleks pemakaman Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah, dan terakhir makam Raja Ali Haji. 

Disana rombongan melaksanakan tahlil bersama dan memanjatkan doa, dilanjutkan menabur bunga, serta memasang kain dibatu nisan pada pusara makam. Juga dalam kesempatan itu dibacakan sejarah singkat mengenai tokoh dan Kota Tanjungpinang, agar generasi penerus tidak melupakan perjalanan sejarah.

Usai rangkaian ziarah, Rahma menyampaikan sedikit sejarah singkat penetapan hari jadi Tanjungpinang. 

“Peringatan hari jadi ke-238 Kota Tanjungpinang merupakan peringatan dan penghormatan semangat kepahlawanan yang dilakukan oleh Yang Dipertuan Muda Raja Haji Fisabilillah pada perang Riau tahun 1782-1784. Di mana tanggal 6 Januari 1784, armada Belanda berhasil dipukul mundur dari perairan Riau yang ditandai dengan hancurnya kapal komando Belanda yaitu Malaka’s Wal Faren. Dan momentum ini ditetapkan sebagai Hari Jadi Tanjungpinang," jelasnya.

Baca juga: Ini Harapan Warga Tanjungpinang di Hari Jadi ke-238 Ibu Kota Kepri

Rahma mengatakan, kegiatan ziarah makam yang dilaksanakan hari ini untuk mengingat jasa-jasa perjuangan pahlawan Tanjungpinang. 

“Kita dapat seperti hari ini, karena ada kerja keras dan perjuangan dari para pendahulu kita. Dengan inilah sebagai wujud terima kasih, serta penghormatan kepada para pendahulu," ujar Rahma.

Rahma juga berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ziarah makam akan mengingatkan kita akan sejarah kejayaan jaman dahulu. 

“Tanjungpinang pernah memiliki kerajaan yang besar dan maju. Tugas kita sekarang untuk selalu bersyukur dan meneruskan perjuangan dengan pembangunan. Mudah mudahan kita sebagai generasi penerus dapat berbuat yang terbaik untuk Kota Tanjungpinang, agar bertambah maju, rakyatnya sejahtera dan selalu dilindungi Allah SWT dari segala sesuatu yang tidak baik, serta selalu mendapat keberkahan," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved