Breaking News:

Pembangunan Jaringan SUTT 150 kV bright PLN Batam Dipastikan Aman

bright PLN Batam terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk pasokan yang lebih andal di wilayah kerjanya.

Ist
Pembangunan Jaringan SUTT 150 kV bright PLN Batam 

TRIBUNBATAM.id - Sektor kelistrikan memegang peran penting dalam pembangunan suatu wilayah. Perannya tidak hanya sebatas sebagai sarana produksi untuk memfasilitasi pembangunan sector-sektor ekonomi lainnya (seperti industri pengolahan, pertanian, pertambangan, pendidikan, dan kesehatan), tetapi sistem tenaga listrik yang andal dan energi listrik dengan kualitas yang baik juga mempunyai kontribusi yang sangat penting bagi kehidupan dan kebutuhan sosial masyarakat sehari-hari.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada era modern ini sektor kelistrikan dikatakan sebagai sektor basis yang menjadi fondasi untuk mencapai tujuan pembangunan, seperti menciptakan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan nasional, mengubah struktur ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sebagai kota industri, potensi pembangunan di Kota Batam sangat baik dengan letak yang strategis karena berada di jalur perdagangan dunia dan dekat dengan Singapura. Pemberlakuan Free Trade Zone (FTZ) di Batam juga telah menempatkan Batam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional maupun regional.

Hal ini menyebabkan Batam memiliki pertumbuhan investasi dan ekonomi yang cukup tinggi.

Corporate Secretary bright PLN Batam, Hamidi Hamid mengungkapkan bahwa Batam dan investasi adalah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Denyut nadi Kota Batam digerakkan oleh investasi yang masuk menuju ke dalamnya.

“Dengan kondisi ini permintaan tenaga listrik di Batam pun dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan tajam. Pertumbuhan investasi sejalan dengan permintaan tenaga listrik yang harus diikuti dengan penambahan kapasitas pembangkit serta peningkatan keandalan sistem agar supply energy listrik ke pelanggan dapat tersedia dengan kualitas yang baik,” jelas Hamidi.

Hamidi menambahkan untuk menjawab tantangan ini bright PLN Batam terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk pasokan yang lebih andal di wilayah kerjanya. Salah satu pembangunan infrastruktur tersebut adalah sistem transmisi Saluran Udaran Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Batu Besar – Nongsa yang sedang berjalan.

Pembangnunan infrastruktur ini merupakan proyek strategis yang memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu keandalan listrik yang disajikan bright PLN Batam kepada masyarakat diwilayah Batam, khususnya di Batam Center, Batu Besar, Nongsa dan sekitarnya.

“Kami terus berkomitmen untuk menyelesaikan proyek infrastruktur kelistrikan guna meningkatkan keandalan pasokan listrik,” tuturnya lagi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved