Breaking News:

BELAJAR TATAP MUKA

Kasus Covid-19 Meningkat, Disdik Batam Tak Stop Belajar Tatap Muka, Tapi Beri Pilihan Ini

Disdik Batam memberi 2 pilihan terkait pelaksanaan sistem pendidikan. Yakni boleh belajar online atau daring dan pembelajaran tatap muka atau PTM

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Di tengah meningkatnya kasus Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengeluarkan dua pilihan dalam pelaksanaan sistem pendidikan.

Dua pilihan tersebut, di antaranya boleh memilih belajar online atau daring, dan pembelajaran tatap muka (PTM).

Dinas Pendidikan (Disdik) Batam dalam hal ini juga menurunkan tim ke sekolah, dan meningkatkan komunikasi dengan pihak sekolah, terkait perkembangan kasus covid-19.

Tidak saja itu, sekolah diwajibkan melaporkan, jika ada temuan kasus. Hal ini guna mencegah penyebaran lebih meluas. Sehingga dapat dilakukan tindakan memutus mata rantai Covid-19.

"Jadi kalau ada sekolah yang muridnya memilih online silakan belajar jarak jauh atau online, sedangkan yang tetap PTM juga dibuka di sekolah," kata Kadisdik Batam Hendri Arulan, Sabtu (12/2/2022).

Hal ini dilakukan Pemko Batam untuk menampik adanya pro kontra terhadap pemerintah. Selama ini saat pelaksanaan daring, banyak orangtua yang mendesak untuk PTM. Itu lantaran orangtua tidak puas dengan hasil pembelajaran jarak jauh.

"Itu hal yang biasa, karena sistem sudah biasa PTM, ketika beralih ke online ada penyesuaian, dan tentu berbeda dengan PTM. Sekarang kami serahkan kepada orangtua. Kalau sekolah tetap jalan, mau ada yang online atau belajar tatap muka dalam satu kelas, pembelajaran tetap berjalan," katanya.

Sistem belajar daring ini mulai diterapkan 14 Februari 2022 mendatang. Pihak sekolah meneruskan informasi kepada orangtua, agar mereka bisa membuat keputusan yang nyaman untuk anak-anak mereka.

Baca juga: BREAKING NEWS, Disdik Tanjungpinang Stop PTM Setelah Pelajar 2 Sekolah Terpapar Covid-19

Baca juga: Susul Tanjung Pinang, Bintan Ikut Stop Belajar Tatap Muka TK Hingga SMP Imbas Covid-19

Selama belajar jarak jauh, tenaga guru tetap datang ke sekolah. Hal ini sudah menjadi ketentuan. Meskipun daring, guru tetap mengajar dari sekolah. Hal ini guna memaksimalkan pembelajaran bagi siswa.

Pihak sekolah juga diminta untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan di sekolah. Guru wajib mengecek dan mengawasi jalannya Protkes. Anak-anak dipastikan menggunakan masker ketika berada di sekolah.

"Saat ini sistem PTM masih digelar terbatas. Keberadaan siswa di sekolah diminimalkan. Hal terpenting adalah menjaga anak-anak aman dan nyaman. Kalau bisa mencegah dari paparan virus Covid-19 tentunya," tuturnya.

Seperti diketahui, sistem pembelajaran saat ini juga berdasarkan surat keputusan empat menteri yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Menteri Agama nomor 06/KB/2021-nomor 1347 tahun 2021. Nomor HK.1.06 Menkes/6679/202. Nomor 443-5847 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19.
(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved