Breaking News:

Ibu Kota Thailand Berganti Nama, Dari Bangkok Jadi Apa?

Pemerintah Thailand belum lama ini mengumumkan akan mengganti nama ibu kota negaranya. Dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon

Editor: Dewi Haryati
asiawebdirect.com
Bangkok, Thailand 

TRIBUNBATAM.id - Kabar baru datang dari salah satu negara di Asia Tenggara, yakni Thailand.

Pemerintah Thailand belum lama ini mengumumkan akan mengganti nama ibu kota negaranya.

Dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh The Office of The Royal Society (ORST), sebuah lembaga independen di bawah pengawasan Perdana Menteri Thailand.

Meski begitu, nama Bangkok masih tetap diakui usai perubahan tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, ternyata dalam bahasa Thailand, Bangkok memiliki nama asli yang jadi nama kota terpanjang di dunia versi Guinness World Records.

Dikutip dari The Culture Trip, Jumat (18/02/2022), nama lengkap Bangkok adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Jadi, nama resmi Bangkok yang baru yakni Krung Thep Maha Nakhon diambil dari nama asli Bangkok. Penduduk setempat umumnya juga menyebut Bangkok dengan nama 'Krung Thep'.

Baca juga: Ganja Resmi Dilegalkan di Thailand, Jadi Negara Pertama di Kawasan Asia

Baca juga: Sosok Sergio Alexandre, Pelatih Baru Persiraja yang Pernah Latih Suphanburi FC Liga Thailand

Tentu saja sulit untuk mengucapkan nama asli Bangkok dalam satu tarikan napas karena terlalu panjang. Terutama, bagi para wisatawan asing yang tidak berbahasa Thailand.

Oleh sebab itu, wisatawan asing dapat menyebut Bangkok dengan penggalan dari nama asli sekaligus nama resminya, yakni Krung Thep.

Dalam Bahasa Inggris, Krung Thep berarti City of Angels yakni Kota para Malaikat, atau Kota para Bidadari.

Sementara itu, dilansir dari US News, Krung Thep Maha Nakhon berarti Kota Besar para Malaikat atau Bidadari. Kata 'maha' berarti besar, sedangkan 'nakhon' merujuk kepada kota.

Namun, nama Krung Thep Maha Nakhon belum berlaku efektif sampai komite bertugas selesai memeriksa semua rancangan undang-undang.

Selain itu, nama Bangkok tetap dimasukkan dengan ditempatkan di dalam tanda kurung, sehingga menjadi Krung Thep Maha Nakhon ( Bangkok).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved