Breaking News:

BATAM TERKINI

DISNAKER Batam Buka Peluang Warga Kerja di Luar Negeri dengan Gaji Rp 12 Juta Sebulan

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan beberapa negara menjalin kerja sama dengan penyedia jasa PMI untuk berkarier di luar negeri.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
tribunbatam.id/Ichwan Nur Fadillah
Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan beberapa negara menjalin kerja sama dengan penyedia jasa pekerja migran Indonesia (PMI) untuk berkarir di luar Batam.  

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mendukung pencari kerja memanfaatkan lowongan berkarir di luar negeri.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan beberapa negara menjalin kerja sama dengan penyedia jasa pekerja migran Indonesia (PMI) untuk berkarir di luar Batam. 

Saat ini beberapa negara tengah mencari pekerja untuk ditempatkan di berbagai perusahaan dengan desk job dan gaji yang cukup tinggi.

Berdasarkan informasi ada tiga lowongan yang tersedia.

Pertama untuk perawat yang akan ditempatkan di panti khusus untuk merawat orangtua.

Kedua worker operator kebutuhan mencapai 90 orang, dan mayoritas pria.

Dan ketiga itu domestik helper atau asisten rumah tangga.

"Kami memfasilitasi saja, nanti untuk teknis dan pelatihan akan diberikan pihak perusahaan.  Kalau untuk Jepang mereka biasanya minta untuk perusahaan manufaktur," katanya.

Rudi mengungkapkan bekerja di luar negeri bisa menjadi peluang.

Baca juga: KABUR ke Palembang, Oknum Ketua RT Penjual Sembako Fiktif Akhirnya Diringkus Polisi Batam

Baca juga: PT Telkomsel Ekosistem Digital Kenalkan INDICO, Perkuat Akselerasi Ekosistem Digital Indonesia

Hal ini karena Batam juga masih berjuang untuk bangkit dari pandemi. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran ini bisa dengan memanfaatkan kesempatan kerja yang ada saat ini.

"Untuk gaji biasanya bisa berkisar Rp 12 juta per bulan. Kalau memang ada yang berminat, silakan datang ke Disnaker untuk melihat persyaratannya," kata Rudi.

Ketersediaan lowongan kerja saat ini masih belum bisa mengcover kebutuhan pencari kerja. Untuk itu kesempatan bekerja di luar negeri adalah peluang dan mencari pengalaman.

Rudi menuturkan beberapa peluang dibuka melalui permintaan pekerja untuk ditempatkan di Jepang. Pencari kerja akan mendapatkan gaji yang lebih besar dari pada di Batam. Selain itu pekerja juga memiliki pengalaman yang bisa bermanfaat ketika kembali ke Indonesia.

"Pekerja dibekali pelatihan dan memang untuk Jepang sangat butuh pekerja yang memiliki fisik bagus, dan bisa bertahan akan tekanan. Karena budaya kerja di sana sangat disiplin," katanya.

Lebih lanjut, untuk lowongan berkarir di Jepang ini akan segera dibuka kembali. Nanti pencaker bisa mendaftar, dan memenuhi persyaratan yang diminta. Selain itu saat ini salah satu perusahan juga membuka kesempatan kerja ke Taiwan. ( TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved