Breaking News:

3 Daerah di Tanjungpinang Diusulkan BNN Jadi Model Kelurahan Bersih Narkoba

Tiga kelurahan yang diusulkan BNNK Tanjungpinang jadi Kelurahan Bersinar itu yakni Kelurahan Melayu Kota Piring, Sei Jang, dan Kampung Bugis

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kepala BNNK Tanjungpinang AKBP Heryana 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang mengusulkan tiga kelurahan di Kota Tanjungpinang menjadi Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) 2022.

Tiga kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Melayu Kota Piring, Sei Jang, dan Kampung Bugis.

Wilayah ini nantinya sebagai pilot project kelurahan bersinar dalam upaya pencegahan, peredaran, dan penyalahgunaan narkoba di Tanjungpinang.

Kepala BNN Tanjungpinang AKBP Heryana mengatakan, kelurahan bersinar dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan kondisi aman, tertib, dan bebas narkoba bagi masyarakat di wilayah kelurahan.

Menurutnya, upaya P4GN perlu dilakukan secara bersama-sama. Karena untuk memberantas narkoba di tengah arus peredaran narkotika yang terus berkembang, BNN membutuhkan dukungan dari pemerintah dan stakeholder lainnya, termasuk masyarakat di wilayah kelurahan.

"Kerja sama ini penting. Tanpa dukungan itu semua, kita tidak bisa maksimal dalam bekerja untuk pelaksanaan P4GN di kota Tanjungpinang," ujar Heryana, Sabtu (26/3/2022).

BNN sendiri memiliki program layanan rehabilitasi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, yakni intervensi berbasis masyarakat atau IBM. Program ini sebagai solusi atas kendala sulitnya akses rehabilitas bagi korban penyalahgunaan narkoba.

"Layanan IBM ini bisa langsung datang ke rumah masyarakat untuk merehabilitasi apakah itu anak atau keluarga yang menyalahgunakan narkotika. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan IBM ini, jadi bisa konsultasikan ke kami," tuturnya.

Baca juga: Ketua DPRD Daeng Amhar Dukung Kampung Tangguh Bersih Narkoba Polres Natuna

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kepri Ikut Bazar MTQ di Tanjungpinang, Pasarkan Karya Warga Binaan

Kepala Badan Kesbangpol, Huzaifa Dadang menuturkan, dalam mengimplementasikan Instruksi Presiden RI Joko Widodo terkait P4GN dan ditindaklanjuti melalui perwako, kemudian akan menyusul perda, bakesbangpol bersama BNN, TNI, Polres, didukung OPD, camat, dan lurah terus bekerja sama dalam memerangi narkoba di kota Tanjungpinang.

"Kalau semua kelurahan kita sudah bersinar, kita akan menuju kota Tanjungpinang yang bersih dari narkoba, kota yang zero narkoba," sebut Huzaifa.

Sehingga nanti, tidak hanya kelurahan saja yang bersinar, tetapi Tanjungpinang bisa menjadi kota tanggap ancaman narkoba (kotan) menuju zero narkoba. (*/ TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved