Breaking News:

Sekte Yahudi Religius 'Penjaga Kota' Jerusalem, Pembenci Israel dan Menentang Zionisme

Terdapat aliran atau sekte Yahudi yang justru mengecam aksi-aksi militer Israel terhadap Palestina, dan sama sekali tak mendukung keberadaan zionisme

ilustrasi via intisari
Ilustrasi - Sekte Yahudi Religius 'Penjaga Kota' Jerusalem, Pembenci Israel dan Menentang Zionisme 

TRIBUNBATAM.id - Berbicara tentang Israel tentu tak bisa dipisahkan dengan Yahudi dan Palestina.

Israel yang banyak dihuni umat Yahudi, hingga saat ini masih berkonflik dengan Palestina yang mereka "jajah".

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa semua bangsa Yahudi tentu menginginkan Israel berkuasa di hampir sebagian besar Palestina.

Faktanya, terdapat aliran Yahudi yang justru mengecam aksi-aksi militer Israel terhadap Palestina, dan sama sekali tak mendukung keberadaan zionisme.

Di antara tokoh-tokoh aliran Yahudi penentang Israel tersebut bahkan ada yang pernah menjadi menteri dalam kabinet Palestina pimpinan Yasser Arafat.

Setahun setelah Perang Gaza (2008) berakhir, sekelompok anggota mereka masuk ke Gaza dan bergabung dalam Gaza Freedom March, untuk menunjukkan dukungan terhadap warga Palestina di wilayah kekuasaan Hamas.

Tak hanya memiliki hubungan dekat dengan Palestina, sekte Yahudi ini memiliki kedekatan khusus dengan Iran, musuh bebuyutan Israel.

Baca juga: Jejak Kota Suci Yerusalem yang Sama-sama Diklaim Umat Islam dan Yahudi

Adalah Neturei Karta, yang dalam bahasa Aramaik berarti "Para Penjaga Kota".

Organisasi ini adalah kelompok religius dari Yahudi Haredi yang didirikan di Jerusalem, di negara yang kala itu masih bernama Mandat Palestina pada 1938.

Yahudi Haredi adalah salah satu bagian dari agama Yahudi Ortodoks'> Yahudi Ortodoks yang dicirikan dengan menolak segala jenis budaya sekular modern.

Dengan karakterisitik ini maka Neturei Karta menentang Zionisme bahkan menyerukan pembubaran Israel.

Sebab, para anggota Neturei Karta percaya umat Yahudi tak diizinkan memiliki sebuah negara hingga datangnya Sang Juru Selamat alias Mesias.

Sejauh ini tidak diketahui jelas jumlah anggota Neturei Karta, tetapi Jewish Virtual Library memperkirakan organisasi ini memiliki sekitar 5.000-an anggota di Israel, New York dan London.

Secara garis besar, anggota Neturei Karta adalah para keturunan Yahudi Hungaria yang tinggal di Kota Tua Jerusalem pada awal abad ke-19.

Baca juga: Begitu Bencikah Adolf Hitler ke Yahudi hingga Terjadinya Holocaust?

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved